Rabu, 12 Februari 2020

Bupati Magetan Menghadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Lembeyan


Magetan.  Dalam rangka konsolidasi program serta memperoleh kesepakatan bersama, sinergitas, dan prioritas program kegiatan yang akan dilaksanakan serta terwujudnya akuntabel dan transparansi dalam bidang anggaran maka Kecamatan lembeyan menyelenggarakan kegiatan Musrenbang Kecamatan Lembeyan tahun 2020 serta penyusunan RKPD Tahun 2021 bertempat diGedung serbaguna Desa Lembeyan wetan, Kecamatan Lembeyan,Kabupaten Magetan.(Kamis,13/02/2020)

Kegiatan dibuka oleh Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto, SH, M.Si dan di hadiri Wakil DPRD Kabupaten Magetan dr. Pengajoman, Ketua Bappeda Kab.Magetan Heru Setiyo Nugroho, ST,. MT, Ketua BPS R.H Candra, PU Muhtar, Camat Lembeyan Saiful yani S.Sos,MM, Danramil 0804/12 Lembeyan Kapten Inf Drs.E.c.Puguh P, Kapolsek Lembeyan Akp Suyatni SH, Serta seluruh jajaran kepala desa Sekecamatan Lembeyan dan juga tamu undangan lain.

Kepala Bappeda Heru setiyo mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk implementasi dari UU No 25 Tahun 2014 dan UU No 8 Tahun 2008 tentang Tahapan Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Hal ini diatur juga dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 yang menyatakan bahwa Forum Perangkat Daerah dan Forum Musrenbang RKPD adalah media memperoleh masukan guna melengkapi dan menyempurnakan Rencana RKPD.

“Implementasi dari UU ini mewajibkan pemerintah daerah untuk menyusun RKPD yang berfungsi sebagai Dokumen Perencanaan Pembangunan Tahunan. Penyusunan RKPD dimulai dari Forum Musrenbang secara berjenjang. Mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Forum Perangkat Daerah hingga pelaksanaan Musrenbang RKPD,”

Menurutnya tujuan dilaksanakannya ketiga kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukan dan penyempurnaan dari masyarakat, stakeholders atau perwakilan stakeholders terkait dengan rumusan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021, terang nya.

Camat Lembeyan Saiful yani S.Sos,MM menyampaikan kegiatan musrenbangcam ini merupakan kegiatan rutin,juga telah didahului Musrenbangdes yang dibawakan pada Musrenbangcam, selanjutnya, Musrencam dengan keluaran berupa usulan prioritas kecamatan yang akan diusulkan dalam tingkat kabupaten Magetan untuk tahun 2021.

Ketua BPS R.H Candra Mengatakan  pada tahun ini BPS menggunakan Data dari Disdukcapil untuk mendata sensus penduduk yang tinggal di Indonesia selama Setahun,dengan mendata sensus penduduk online inu sangat mudah dan kita pada bulan juli 2020 akan melakukan pendataan penduduk secara wawancara.mohon agar semua pihak membantu memberikan informasi tentang sensus penduduk agar kedrpan data sensus penduduk yang benar.

Dr.Drs. Suprawoto SH,M.Si Mengatakan penyusunan RPJMD Kabupaten magetan dengan anggaran yang paling kecil yaitu 1,9 Triliun, dan 20 % untuk pendidikan, 10 % untuk kesehatan,25 % untuk Insfrakstruktur, harapannya agar perekonomian bertambah maju.kita sudah mendapatkan payung hukum tentang Peraturan Presiden untuk percepatan pembangunan untuk memperkuat dimagetan.saya punya angan angan magetan sebagai tempat wisata dan tempat pendidikan karna dimagetan biaya hidup masih murah.Musrenbang sangat diperlukan adanya koordinasi yang lebih intensif dari berbagai strata pemerintahan dan juga berbagai fihak terkait melalui Forum Perangkat Daerah dan Musrenbangcam RKPD Tahun 2021.

Kapten Inf Puguh menyampaikan perencanaan yang transparan, efisien.dan berharap agar sinergitas itu tetap terjalin erat guna menghadapi setiap masalah yang ada di wilayah seperti Kamtibmas dan bencana alam kita akan atasi bersama dan TNI AD melalui program Binter akan senantiasa siap sedia", tegasnya (R-12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar