Jumat, 31 Januari 2020

Babinsa Koramil 01 Magetan Bina Siswa Siswi SMK N 2 Magetan Bertahan Hidup Di Alam Bebas.

Magetan Jatim - Babinsa Koramil 0804-01/Magetan Sertu Ponijan dan Sertu Edi Alroni memberikan pembinaan siswa siswi SMK N 2 Magetan untuk bertahan hidup di alam bebas dan hutan di bumi Perkemahan Selondo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. Jumat ( 31/01/2020 )
Dalam kegiatan ini Sertu Ponijan dan Sertu Edi Alroni memberikan materi Survival dan bivak.
Sertu Ponijan menjelaskan, apabila tiba-tiba pada suatu saat kita berada pada lokasi yang terisolir jauh dari peradaban. Oleh karena itu, maka dituntut suatu usaha untuk mempertahankan hidup dengan memanfaatkan keadaan yang ada disekitar. Hal ini berarti alam beserta isinya bukanlah merupakan kawan atau lawan. Sebenarnya alam tidak memihak, jadi dalam hal ini faktor penting dalam survival adalah kemauan untuk tetap hidup dan kemauan untuk mencari makan.

Difinisi dari survival, yaitu Suatu usaha untuk mempertahankan hidup dalam keadaan darurat dan berusaha untuk mengatasinya dengan memanfaatkan potensi yang ada.
Survival sendiri terdiri dari survival darat dan survival laut. Dapat dibagi lagi berdasarkan jenis medannya, sehingga dikenal Survival di hutan, Survival di laut,Survival di padang pasir dan Survival di kutub.jelasnya.
Setelah selesai materi survival dilanjutkan  materi  Bivak ( tenda Darurat). Bivak yaitu suatu tempat dimana kita bisa berlindung sifatnya sementara (darurat) gunanya untuk melindungi kita dari cuaca buruk serta dapat memberikan rasa aman.
Mendirikan bivak adalah teknik penting yang harus dikuasai jika hendak berkemah .
Materi penunjang pembuatan bivak adalah dari bahan alam seperti pepohonan (dahan, ranting dan daun) batu- batu, gua dan sebagainya.untuk dari bahan yang sudah jadi/ada seperti jas hujan, ponco, fly sheet atau parasut
Adapun yang perlu diperhatikan sewaktu pembuatan bivak adalah Pemilihan tempat yang baik dan menguntungkan, seperti terhindar dari hembusan angin, mudah dilihat dari tempat yang jauh (jika kita sedang tersesat tim pencari akan mudah menemukan kita)
Kita juga harus memperhatikan Faktor keamanan bivak, baik dari bahaya pohon tumbang, tanah longsor, banjir dan sebagainya.Sedangkan untuk Kesehatan yang memenuhi syarat.pungkas Sertu Ponijan. (pnj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar