Senin, 28 Oktober 2019

Tingkatkan Kemampuan Dan Ketrampilan, Linmas Desa Tawangrejo Menerima Pembekalan Materi Wasbang Dan Bela Negara



Magetan - Danramil 0804/11 Kapten Inf Suprianto beserta Babinsa memberikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan kepada 26 anggota Linmas Desa Tawangrejo Kecamatan Takeran, yang bertempat di Balai Desa Tawangrejo Kecamatan Takeran. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopinca diantaranya Camat Takeran Boimin S.sos, Danramil 0804/11 takeran Kapten Inf Suprianto, Kapolsek Takeran AKP Tri Cahya Budi Hartono,S.H, Kades Desa Tawangrejo BPk Samiran.

Kapten Inf Suprianto memberikan pengetahuan dan bekal tentang Wawasan Kebangsaan dengan materi diantaranya pemahaman terhadap Idiologi Pancasila dan Pemahaman tentang pengetahuan Bela Negara. Ia  mengajak Linmas Desa Tawangrejo harus bisa menjadi contoh dalam bela negara yang sesuai permendagri 84 th 2014 tugas Linmas pasal 9 poin  (e), yaitu membantu Upaya Pertahanan Negara.

“Anggota linmas wajib cinta tanah air, Sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara, “ tegas Danramil.

Danramil mengungkapkan bahwa pembekalan tersebut dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para anggota Linmas dalam menghadapi kegiatan Pilkades serentak sekabupaten Magetan yg akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2019 nanti.

“Linmas juga merupakan salah satu mitra Koramil. Keberadaannya sangat strategis dan sangat membantu Babinsa, sehingga dengan pembekalan ini kualitas dan kuantitas Linmas dapat meningkat serta dapat membantu menciptakan kondisi masyarakat,” ujar Danramil.“Pendidikan Wasbang ini sangat penting bagi generasi penerus Bangsa terutama Kepada  peserta Pelatihan Linmas sebagai Garda Bangsa dan wajib ikut serta menjaga keutuhan Wilayah  NKRI. Pelatihan sendiri juga punya tujuan menambah ilmu dan wawasan untuk memupuk jiwa korsa dan kepribadian yang baik  terhadap sesama Bangsa Indonesia, “ Imbuhnya.

Diharapkan masing-masing anggota Linmas dapat tercipta mental serta fisik yang tangguh dalam menghadapi tugas yang diembannya. “Sebagai anggota Linmas harus peka terhadap lingkungannya. Jadi saya himbau untuk para anggota Linmas, agar bisa melakukan deteksi dini dan lapor cepat kepada aparat terkait apabila menemukan kejanggalan di lapangan sehingga upaya cegah dini dapat dengan segera dilakukan,” tandas Danramil.

Ketua Linmas Desa Tawangrejo Marsulam mengatakan, “kegiatan ini baik sekali disamping sebagai ajang silaturahmi dan perekat antara anggota Linmas juga dapat menambah wawasan terhadap perkembangan situasi wilayah yang sedang berkembang, hal lain juga bisa diajdikan acuan tentang sejauh mana bentuk loyalitas Linmas terhadap Babinsa di wilayah, “ ujar Marsulam.

Kades Desa Tawangrejo Samiran mengucapkan banyak terima kasih kepada Danramil atas dukungan personelnya yang meluangkan waktunya untuk melatih anggota Linmas Desa Tawangrejo, dengan adanya pelatihan yang rutin diberikan pada linmas akan lebih baik dan tidak ragu dalam tugasnya,” ungkap kades dengan bangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar