Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Lestarikan Lingkungan Bupati Magetan Bersama Siswa SDIT Al Ihklas Tebar Benih Ikan


Magetan -  Untuk menjaga keseimbangan kelestarian alam khususnya kehidupan ekosistem di sepanjang aliran sungai perlu melestarikanya. Pagi itu rombongan Siswa siswi SDIT Al Ihklas sudah berjejer rapi untuk melaksanakan penebaran benih ikan di pinggir sungai Desa Pelem (Kamis 10 Oktober 2019).

Tampak undangan yang hadir Bupati Magetan,Bpk Dr. Drs.Suprawoto SH,M.Si.Ketua Yayasan Al - Ihklas, KH Samsudin,Kepala Sekolah SD Al - Ihklas Bpk. Nur Rochan Hasyim, M.Pd,Camat Karangrejo,Rudy Harsono, S.Sos, Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo,di wakili Bati Komsos Pelda Yahman, Kapolsek Karangrejo di wakili Wakapolsek Iptu Sapari,Kades Pelem, Bpk.Eko Didik beserta Perangkatnya,Babinsa Ds. Pelem Serka Supriono,beserta 5 anggota Koramil 0804/07 Karangrejo,Perwakilan siswa/si se wilayah Kec Karangrejo berjumlah 800 orang

Acara di awali dengan sambutan Ketua Panitia yang juga sekaligus Kepala SDIT Al - Ihklas Bpk Nur Rohkani Hasym, M.Pd.I mengatakan bahwa program penebaran benih ikan  merupakan bantuan dari Program SDIT AL Ihklas untuk melestarikan sungai yang ada di Desa Desa di Wilayah Kec.Karangrejo dan Kec.Karas, jelasnya.

Di katakan Bpk.Rohkani Hasym, M.Pd.I tujuan di adakan program penebaran benih ikan adalah mempersiakan siswa/wi SDIT AL Ihklas agar dapat mandiri bertanggung jawab dan menjadi pemakmur bumi,terangnya, Hari ini penebaran benih di laksanakan di 10 titik/desa di wil Kec.Karangrejo dan Karas yang meliputi Desa,Pelem,Mantren,Gondang,Patihan,Gandu,Kuwon,Jungke,Geplak,Baluk, Juga Sungai di Ds.Mangge Kec.Barat, tambahnya.

Masih di tempat yang sama Kepala Desa Pelem,Bpk.Eko Didik,mengucapkan selamat datang kepada Bpk.Bupati Magetan,beserta Dinas Terkait,juga undangan Jajaran Forkompinca Karangrejo,dan semua yang hadi di pagi hari ini. Menyampaikan banyak terima kasih atas acara penaburan benih ikan yang di pusatkan di sungai Desa Pelem ini,yang di prakasai oleh  SDIT Al - Ihklas, urainya.

Kegiatan tebar benih ini yang di prakasai oleh Yayasan Al Ihklas untuk tahun kemarin juga di adakan di sungai Desa Pelem,Kami menghimbau kepada masyarakat mari kita jaga benih ikan ini,biar besar dan nantinya bisa di konsusmsi oleh masyarakat,jangan sekali kali menangkap ikan dengan racun yang akhirnya merusak habitat ikan itu sendiri.

Bupati Magetan, Dr.Drs.Suprawoto, SH.MSi, dalam sambutannya intinya menyampaikan sangat mengapresiasi apa yang telah di lakukan SDIT Al - Ihklas Ds.Mantren,Kec.Karangrejo ini bisa menjadi contoh bagi lembaga lembaga Pendidikan yang ada di Kab.Magetan, bahwa untuk menjaga,melestarikan lingkungan alam bukan tanggung jawab Pemerintah saja,tapi semua komponem masyarakat ikut menjaga maupun melestarikannya. Jelasnya.

Contohnya pagi hari ini ribuan benih ikan berbagai jenis siap di tebar di 10 titik sungai, nanti kedepanya ikan ikan ini bisa menambah gizi untuk masyarakat sekitar, kami tekankan kepada Pemerintah Desa agar buat Perdes yang intinya melarang menangkap ikan dengan menggunakan obat ataupun racun,pasang pengumuman di tempat tempat strategis agar masyarakat mengetahuinya.Urainya.

Di samping itu kalau sungainya yang bersih juga akan menjadi sarana rekreasi keluarga, dan ikannya akan juga semakin berkembang banyak,kami tekankan kalau masyarakat ada yang ingin memancing, ambillah sekiranya ikan itu bisa untuk di konsumsi, tambahnya.

Sementara di tempat terpisah Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo,Kapten Inf Arif Wibowo mengatakan, "Agar masyarakat turut nguri uri sungai yang ada disekitar kita sehingga ekosistem yang ada tetap terpelihara,dan berpesan untuk tidak melanggar Perdes yang nanti akan di buat jangan sampai masyrakat kita bersentuhan dengan hukum,karena benih ikan yang di tebar nanti satu tahun ke depan bisa di manfaatkanya, Pungkasnya.

Setelah acara sambutan selesai di lanjutkan penyerahan benih ikan kepada Tim oleh Bupati Magetan dan di lakukan penebaran benih ikan secara simbolis oleh Bapak Bupati Magetan. ( R/07)

Posting Komentar

0 Komentar