Rabu, 16 Oktober 2019

Danramil 10 Kawedanan memberikan materi kepada sat linmas tentang penanggulangan bencana skala Desa


Magetan Jawa Timur Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), Danramil 10 Kawedanan Kapten Caj Jemani memberikan wawasan tentang tugas dan tanggung jawab Sat Linmas serta Pelatihan Bela Negara dan wawasan Kebangsaan dalam hal ini pelatihan sat linmas di fokuskan tentang Penanggulangan Bencana Skala Desa , kegiatan pelatihan ini bertempat di Balai Desa Garon Kecamatan Kawedanan Rabu , (16/10/2019).


Hadir dalam kegiatan pelatihan linmas ini sebagai berikut , Camat Kawedanan Bpk Samsi Hidayat , Danramil Kawedanan Kapten Caj Jemani , Kapolsek Kawedanan Akp Sukono , Kabid Linmas Kabupaten Magetan Bpk Winoto , Kepala Desa Garon Ibu Woro Gunariyati , Perangkat Desa Garon , Babinsa Garon Serda Suyono , Babinkamtibmas Brigadir Purwanto , Dinas Damkar Kab Magetan , Anggota Sat limas Desa Garon jumlah 31 orang.

Kegiatan bertajuk "Pelatihan Kesiapsiagaan Sat Linmas tentang Penanggulangan Bencana Skala Desa.
Kades Garon , dalam kata pembukanya menyampaikan, pelatihan ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran tugas Linmas untuk itu para anggota Linmas agar menyimak dan memahami materi yang akan disampaikan oleh Danramil , Kapolsek dan Kabid linmas.

Dalam kesempatan ini Danramil 10 Kawedanan Kapten Caj Jemani menyampaikan tugas dan tanggung jawab sat linmas di lingkungan masyarakat bahwa, Peran Linmas (Perlindungan Masyarakat ) yang berperan membantu menjaga keamanan lingkungan semakin dioptimalkan. Sat linmas terus dibekali kemampuan untuk turut menanggulangi kondisi saat terjadi bencana.

Untuk mengembangkan dan mengoptimalkan peran Linmas Kecamatan Kawedanan khususnya Desa Garon dalam memadamkan kebakaran , maka nanti dari dinas BPBD Kabupaten Magetan akan menyelenggarakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran bagi anggota Linmas Desa Garon.

Pelatihan ini menjadi respons atas semakin seringnya terjadi kebakaran di wilayah Kecamatan Kawedanan, seperti kebakaran lahan dan kebakaran rumah bahkaan sampai merenggut nyawa seseorang.

Kabid Linmas Kabupaten Magetan dan BPBD terus berupaya untuk meminimalisir terjadinya kebakaran, namun masih perlunya dukungan dari masyarakat. Pelatihan yang diberikan ini untuk mengasah ketrampilan anggota Linmas untuk memadamkan si Jago Merah.

Dalam pelatihan ini peserta akan diajari secara langsung oleh ahli pemadam kebakaran dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Magetan. Dengan keterampilan yang diberikan ini, diharapkan Linmas berperan aktif apabila terjadi kebakaran di lingkungannya.

“Mengerti dan mampu apabila sewaktu-waktu (anggota Linmas) dibutuhkan untuk membantu memadamkan kebakaran di lingkungan sekitarnya,” pungkasnya.

Setiap peserta memperagakan apa yang diberikan oleh instruktur. Salah satunya adalah memadamkan api secara aman dengan perhitungan yang matang. Dibutuhkan fisik, mental, dan koordinasi yang kuat untuk dapat memadamkan api yang belum bisa dikendalikan. (sri).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar