Jumat, 04 Oktober 2019

Danramil 0804/07 Karangrejo Dampingi Tim Verifikasi Kunjung Lapang Desa Sehat


Magetan  - Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat di mulai dari keluarga,karena di awali dari lingkup yang paling kecil yaitu keluarga maka menjadi contoh keluarga keluarga di lingkunganya,hal ini bisa terwujud apabila ada kesadaran individu untuk mewujudkan lingkungan yang sehat,juga peran pemerintah desa sangat vital di mana Pemerintah Desa dan Kader kader kesehatan yang ada di desa ikut mendukung dalam gerakan pola hidup yang sehat.

Pemerintah Desa Maron Kec. Karangrejo Kab. Magetan mendapatkan kehormatan kedatangan Tim Verifikasi /Kunjung Lapang Desa sehat. Tim yang di ketuai oleh Bapak Nursalam dari Dinkes Kab. Magetan, tampak mendampingi tim yaitu Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo, Kapten Inf Arif W, Kapolsek Karangrejo, AKP Ruwajianto, SH.Kepala Desa Maron, Bpk.Sujarwo, Babinsa dan Bhabinkamtipmas Desa Maron,para kader Posyandu,Poslansia,Posbindu,Jumantik juga undangan berjumlah 60 orang.

Kepala Desa Maron, Bpk. Sujarwo mengucapkan selamat datang kepada Tim Verifikasi dari Dinas Kesehatan Kab. Magetan,Tim Verifikasi yang terjun langsung ke desa kami ini akan menjadi pemicu perilaku warga kami untuk berperilaku hidup sehat,contohnya tidak buag air besar sembarangan/di sungai,tiap tiap rumah harus mempunyai jamban/Wc Sanitasi juga punya tempat pembuangngan sampah rumah tangga sendiri,” jelasnya”.

Bapak Nursalam dari Dinas Kesehatan Kab.Magetan yang juga merangkap Ketua Tim Verfikasi/Kunjung Lapang Desa Sehat mengatakan tujuan di laksanakanya verifikasi lapangan tingkat desa ini untuk membentuk masyarakat desa Maron yang bersih,aman,nyaman,sehat untuk di huni dan juga tempat bekerja bagi warganya,di tambahkan oleh Bpk.Nursalam apa yang di katakan Kepala desa Maron di atas tadi sudah benar,kami hanya menambahkan bahwa tiap tiap rumah harus ada ventilasi/angin angin,sehingga sirkulasi udara dalam rumah bisa berganti,juga tiap rumah menanam tanaman toga,saluran air harus mengalir,juga rumah hrs berplafon,dan yang paling penting kalau menpunyai peliharaan unggas kandang berjarak  5 m di belakang rumah,  dan yang terakhir bagi perokok jangan merokok di dalam rumah, urainya.

Di akhir sambutan menitip pesan kepada kader kader kesehatan desa tidak bosan bosanya untuk mensosialisasikan Pola Hidup Bersih Sehat/PHBS,karena kalianlah ujung tombah kesehatan di desa.

Komanda Koramil 0804/07 Karangrejo, Kapten Inf Arif W mengatakan bahwa kesadaran masyarakat dalam perilaku hidup sehat harus di tingkatkan lagi,lingkungan yang kotor,kumuh,dan bau akan bsnyak menimbulkan datang tumbuhnya banyak penyakit. Mari kita semua yang hadir di sini baik TNI/Polri juga Pemangku Pemerintahan serta Stakhoder/Lintas sektoral yang ada di Kec.Karangrejo ini ikut mengajak masyarakat untuk selalu hidup sehat. Untuk itu kami selaku Danramil Karangrejo siap mengerahkan anggota untuk mendukung lingkungan yang sehat,contohnya apabila Pemerintah Desa memerlukan bantuan untuk membersihkan selokan kami siap membantunya, “Pungkasnya”.

Kegiatan Verifikasi yang di laksanakan di Aula kantor desa Maron ini di akhiri dengan berkunjung pengecekan rumah warga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan warga tentang  pentingnya arti hidup sehat. ( Bay R. 07 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar