Minggu, 15 September 2019

TNI Adalah Perekat Kemajemukan Dan Kebinekaan



Magetan  - Bertempat di Desa Sambirembe Kec. Karangrejo. Kab. Magetan Babinsa Koramil 07/Karangrejo Serma Hariyanto melaksanakan pengamanan acara Bersih Desa, dalam acara ini desa Sambirembe mengadakan acara jalan sehat.

Sebelum acara jalan sehat di mulai juga ada beberapa tokoh yg mengisi sambutan. Adapun yg hadir dlm acara itu, Kepala Desa Sambirembe Bpk. Eko Santoso, ST Babinsa Desa Sambirembe Serma Hariyanto,Babinkamtibmas Desa Sambirembe Bripka Eki,Ketua BPD beserta tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat yg hadir + - 350 orang.

Kades Sambirembe Bpk. Eko Santoso, ST membuka acara tersebut menyampaikan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang atas rahmat Nya diberikan kesempatan bertemu untuk bersama -sama mengikuti dan menyaksikan acara bersih desa Tahun 2019.
“Mudah - mudahan lewat acara bersih desa ini kita tidak saja terhibur, tapi lebih dari itu kita pun bisa memaknai esensi budaya masyarakat yang kaya akan tradisi dan adat istiadat”, ucap Bpk.Eko Santoso, ST

Melalui acara bersih desa tersebut Bpk. Eko Santoso, ST berharap bisa menjadi pintu masuk menumbuhkan kecintaan pemuda akan budaya dan menggali potensi adat istiadat supaya tidak hilang. Karena kalian adalah generasi penerus kita untuk menjaga adat dan kebudayaan tersebut“ sebagai warisan nenek moyang kita yang telah berjasa merintis dan mendirikan desa ini, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Serma Hariyanto menyampaikan “ Tradisi bersih desa adalah suatu pelestarian budaya yang telah dilakukan sejak lama karena mengandung makna penting yang terkandung di dalamnya khususnya mengenang,  menghormati, dan mendo'akan para leluhur yang telah almarhum berjasa kepada berdirinya suatu desa atau daerah, menjadi bagian dari kehidupan budaya baik di lingkungan masyarakat, tuturnya.

Hal yang paling mendasar  dari tradisi yaitu adanya informasi yang di teruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi akan punah.Bersih desa merupakan tradisi leluhur yang dilakukan masyarakat pedesaan secara terus menerus sampai saat ini, masyarakat senantiasa selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan kehidupan berupa kesehatan maupun tanaman yang bermanfaat untuk kehidupan manusia di dunia ini, semoga Desa Sambirembe ini menjadi desa yang maju, mandiri, dan sejahtera." ucapnya.

Ketua panitia menyampaikan banyak banyak terimakasih kepada Babinsa desa Sambirembe Serma Hariyanto yg selalu aktif di desa dan terus memperhatikan bidang keamanan dan mendukung kegiatan Desa, dalam acara bersih desa bisa terlaksana dengan tertip, aman, damai penuh dengan suasana kekekuargaan, pungkas Bapak Muslimin selaku tokoh masyarakat desa Sambirembe.( Bay.R. O7 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar