Senin, 30 September 2019

Monumen Tetenger Soco Menjadi Pusat Pelaksanaan Hari Kesaktian Pancasila Di Kab. Magetan


Magetan Jawa Timur – Setiap tanggal 1 Oktober pemerintah Kab. Magetan mengelar Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Tetenger Soco Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan,  upacara kali ini mengambil tema "Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia".

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H.Suprawoto SH, M.Si , sebagai komandan upacara Kapten Inf Kuncoro Subekti Dan Ramil 0804/03 Panekan, perwira upacara dijabat oleh  Drs Iswahyudi Yulianto, MSI. Plt Kepala Kesbangpol Kab Magetan dan sebagai Pembaca Ikrar Sujatno SE MM Ketua DPRD Kab. Magetan, Upacara ini dikuti oleh TNI-Polri, Dinas Instansi, para veteran serta para pelajar yang ada di Kab. Magetan. Selasa(1/10/2019)

Seperti diketahui Monumen Soco dibangun untuk memperingati tragedi berdarah dari keganasan pemberontakan PKI tahun 1948, Korban yang tewas dalam peristiwa tersebut berjumlah 108 orang, dan monumen Soco didirikan di atas sumur bekas pembuangan mayat korban-korban keganasan PKI tersebut.

Sebelumnya Para Korban diangkut dan disiksa di dalam gerbong kertapati, sehingga gebong ini turut menjadi monumen saksi keganasan PKI tahun 1948.

Upacara Peringatan Hari Kesak ktian Pancasila di Monumen Tetenger soco ini dilaksanakan untuk mengenang para syuhada yang telah gugur korban keganasan pemberontakan PKI, dan mengingatkan generasi muda sejarah kelam bangsa Indonesia agar dikemudian hari peristiwa serupa tidak terjadi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar