Senin, 23 September 2019

Lestarikan Tradisi Lokal, Babinsa Driyorejo Ikuti Kegiatan Bersih Desa Di Wilayah


Magetan -  Babinsa Desa Driyorejo Koramil 0804/11Takeran Sertu Wawan Hariyanto, Minggu  (22/09/2019) pukul 20.30 s/d selesai, melaksanakan pemantauan dan mengikuti kegiatan Pagelaran Seni Gambyongan, dalam rangka Bersih Desa Driyorejo.

Bersih Desa merupakan selamatan atau upacara adat Jawa sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas segala kemakmuran dan keberkahan bagi suatu desa, seperti halnya di Desa Driyorejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, melaksanakan bersih desa. Selain melaksanakan doa bersama, kegiatan ini juga menampilkan  Pagelaran Seni Gambyongan/Tayub bertempat di Halaman Rumah Kepala Desa Driyorejo Yanto Prasetyo,ST.

Kegiatan bersih Desa sangat meriah karena acara adat tahunan ini selalu di meriahkan kesenian gambyong atau tayub wujud kegembiraan dan rasa syukur atas panen yang melimpah .

Hadir dalam acara tersebut antara lain  Kepala Desa Driyorejo Yanto Prasetyo, Babinsa Driyorejo Sertu Wawan H, Babinkamtibmas Diyorejo Brigadir Yopi Rendika, Perangkat Desa dan warga masyarakat Desa Driyorejo.

Dalam pelaksanaan bersih desa di Desa Driyorejo Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, berlangsung ramai dan meriah dan dilaksanakan setiap Tahun sekali di Bulan Suro atau Bulan Muharam.

Sertu Wawan Hariyanto selaku Babinsa Desa Driyorejo sangat mendukung kegiatan masyarakat di wilayahnya, ia mengatakan tradisi yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini harus terus dilestarikan seperti halnya pagelaran seni gambyong/tayub yang sudah turun temurun hingga saat ini masih menjadi kebiasaan sebagai budaya dalam tradisi bersih desa di Desa Driyorejo.

"Tradisi ini selalu dijaga warga, diharapkan  kegiatan seperti  ini akan mempunyai nilai jual dan menguri-uri kebudayaan agar tidak punah dan tergerus degan seni atau budaya barat/asing," pungkas Babinsa Desa Driyorejo. (R.11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar