Rabu, 25 September 2019

Kasdim 0804/ Magetan Pimpin Gladi Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Soco


Magetan. Dalam rangka peringatan hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Oktober 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten Magetan menggelar gladi upacara yang dilaksanakan di lapangan monumen Desa Soco kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Pada hari ini dilaksanakan gladi kotor dan gladi bersih agar petugas dan peserta Upacara dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga pelaksanaan Upacara dapat berjalan dengan tertib dan lancar. (Kamis, 26/09)

Kegiatan gladi upacara tersebut dihadiri langsung Kasdim 0804/ Magetan Mayor Inf Muji Wahono. Sedangkan bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapten Inf Misran, Komandan Upacara Kapten Inf Kuncoro dari Kodim 0804/ Magetan. Untuk Susunan Pasukan terdiri dari 1 Peleton Pasukan Korsik dari Pemda Kabupaten Magetan. Pasukan bersenjata 1 Peleton dari Kodim 0804/ Magetan, 1 Peleton dari Secata Rindam V/ Brawijaya, 1 Peleton dari Lanud Iswahyudi, 1 Peleton dari Polres Magetan.

Sedangkan untuk Pasukan yang tidak bersenjata terdiri 1 Peleton dari Satpol PP Magetan, 1 Peleton dari Satlinmas, 1 Peleton dari Dinas Perhubungan dan Informatika, 3  Peleton dari Korpri, 3 Peloton dari OSIS dan Pramuka. Untuk Pembaca Undang-undang Dasar 1945 dibacakan oleh siswa Dimas dari MAN 3 Magetan. Gladi yang dimulai pukul 08.00 wib tersebut dilaksanakan gladi kotor sebanyak 3 kali kemudian dilanjutkan gladi bersih yang diikuti dengan semangat oleh seluruh peserta gladi.

Kapten Inf Sarpan selaku Danramil 0804/ 13 Bendo yang wilayahnya sebagai tempat Upacara mengatakan bahwa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk wilayah Kabupaten Magetan setiap tahunnya digelar di Monumen tetenger Desa Soco ini. Karena dulu waktu pemberontakan oleh PKI tahun 1948 ditempat inilah para korban keganasan PKI dikubur dalam sumur. Jadi Monumen tetenger Soco merupakan saksi sejarah bagaimana kebiadapan PKI membantai orang-orang yang dianggap bertentangan dengan mereka. Untuk itulah setiap tahun dimonumen ini dilaksanakan kegiatan doa bersama dan nonton bareng film G 30/S PKI dan paginya tanggal 01 Oktober digelar Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar