Rabu, 11 September 2019

Danramil 0804/02 hadiri pengajian Muharraman Masjid Baitul makmur Sarangan


MAGETAN ! JATIM, Tahun Baru Islam adalah salah satu hari penting bagi Umat Islam yang diperingati tiap tahunnya sebagai perayaan kedatangan tahun baru dari penanggalan Islam, Tahun Baru Islam juga dikenal dengan nama bulan Muharram, untuk memperingati kepindahan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah, Ketika Nabi Muhammad SAW berusaha menyebarkan ajaran agama islam di kota Mekah, Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dijauhi dan mendapatkan penolakan oleh kelompok musyrik yang kafir, Ketegangan antara Umat Muslim dan kaum musyrik kafir kemudian semakin meningkat sehingga Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya terpaksa untuk meninggalkan kota Mekah ke Madinah, Peristiwa ini dikenal dengan istilah Hijrah, Hijrah merupakan sebuah simbol yang melambangkan permulaan Islam dan penanggalan tahunnya.

Dalam rangka peringatan tahun baru Hijriah 1441 Masjid Baitul Makmur Kelurahan Sarangan pada Rabu(11/9/2019) menyelenggarakan pengajian Muharraman bertempat diterminal Sarangan, pengajian tersebut diisi oleh KH. Muhajir Khozin dari Bojonegoro, yang dihadiri oleh seribu lebih jamaah dari kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Jawa timur.
Dalam tausiyahnya KH. Muhajir Khozin menyampaikan " malam ini kita diberikan puncak keimanan dalam pengajian, kita bersyukur atas nikmat yang telah diberikan kepada kita semua yang hadir di majelis ini semoga kita semua mendapatkan berkah, pada bulan Muharram itu adalah memperingati dimana hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari Mekah ke Madinah setelah mendapat penentangan dari Kaum musyrikin yang berada di mekah, semoga dalam bulan Muharram ini kita berlomba-lomba dalam kebaikan dan semoga dalam tahun baru islam ini semakin meriah dengan kegiatan - kegiatan yang bisa meningkatkan ibadah dan keimanan kita  dan bisa bersaing dengan perayaan tahun masehi yang selalu dirayakan dengan serba gemerlap.
Hadir dalam pengajian Muharraman tersebut Camat Plaosan, Danramil 0804/02 Plaosan Kapten Waluyo Utomo, Kapolsek Plaosan AKP M.Munir, Kepala KUA Kecamatan Plaosan, Kepala KUA kecamatan Sidorejo, Lurah Sarangan, tokoh agama, tokoh masyarakat wilayah kecamatan Plaosan dan seluruh anggota Koramil 0804/02   Plaosan yang turut serta hadir dalam pengajian tersebut.
Pada pengajian tersebut Danramil 0804/02 dan selaku Ketua Takmir Masjid Baitul Makmur Sarangan menyampaikan " pada  pengajian Muharaman ini dari pengurus masjid Baitul Makmur menyelanggarakan pengajian Muharraman dengan mengundang KH. Muhajir Khozin dari Bojonegoro yang pernah mengisi pengajian disini dua tahun yang lalu diacara yang sama semoga dalam pengajian ini bisa meningkatkan keimanan kita dan dalam pengajian ini bisa memperat tali silaturahmi antara Anggota Koramil 0804/02 dengan masyarakat yang hadir dalam pengajian ini" Tutur Danramil

Pengajian yang berlangsung di terminal sarangan diikuti sangat  antusias oleh para jamaah yang dimulai Pukul 20.15 WIB walaupun diliputi oleh suhu udara  yang dingin, para jamaah tetap mengikuti tausyiah KH. Muhajir Khozin yang diselingi oleh lagu-lagu Reliji,  Hal ini ditunjukkan dengan tetap bertahannya para jamaah dalam mengikuti rangkaian-rangkaian acara pengajian  dari mulai pembukaan hingga penutupan dan pengajian Muharraman berakhir pada pukul 22.30 WIB. (UDIN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar