Sabtu, 07 September 2019

Babinsa Koramil 0804/03 Panekan Dan Babinkamtibmas Nonton Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk


Magetan – Pagelaran wayang kulit dalam rangka Bersih Desa Toto Suro dan Tahun Baru Islam 1441H disaksikan langsung oleh Babinsa Kelurahan Panekan Pelda Sukarno bertempat  di lapangan kelurahan kec.  Panekan. kab.  Magetan.  Sabtu (7/9/19).
Kegiatan pagelaran wayang kulit ini digelar juga untuk melestarikan kesenian wayang kulit yang semakin lama terkikis oleh kebudayaan modern.” Ujar Babinsa Kelurahan Panekan Pelda Sukarno.
Hadir pada acara peringatan toto suro dan bersih desa kel. Panekan diantaranya Forkopimca panekan,   kakel Panekan bapak Suwardi. Spd,  perangkat kelurahan panekan,  babin kamtibmas  Aibtu Nanang Suhanang,  tomas,  toga,  ketua RT/ RW serta warga masyarakat Panekan.

Masyakarat dan para pamong terlihat kompak, mereka bahu membahu, membantu menyambut juga mengarahkan para tamu malam itu. Sebagian generasi mudanya terlihat mengatur kendaraan yang akan parkir, sedang lainnya turut mengurusi dan membantu berbagai sarana pendukung acara.
Menurut Babinsa Kelurahan Panekan Pelda Sukarno, ” Memperhatikan budaya kesenian daerah seperti Wayang Kulit yang sudah banyak dilupakan oleh masyarakat kita sendiri, dan di harapkan wayang kulit menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar warga Kecamatan Panekan. Disamping itu, Pagelaran Wayang kulit juga sebagai sarana komunikasi sosial (Komsos) dan meningkatkan kekompakan seluruh lapisan masyarakat binaannya,” Ungkapnya.
Acara bersih desa ini merupakan acara adat masyarakat yang di laksanakan setiap tahunnya bertujuan untuk menghibur masyarakat dan bersyukur kepada Allah swt atas ridho dan hidayahnya yang memberikan tanah loh jinawi dan riski kepada masyarakat Panekan , semoga kegiatan yang baik ini semakin meningkat .
Kepala kelurahan Panekan  bapak Suwardi. Spd. menyampaikan dalam rangka toto suro / Muharram 1441 pemerintah kelurahan Panekan mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah menyiapkan acara ini dengan lancar semoga mendapat barokah, kegiatan mulai dari Kerja bakti pembersihan sumber air, pengajian umum serta pagelaran wayang kulit malam ini . kebersamaan sangat penting sekali guna meningkatkan persatuan dan kesatuan untuk kemajuan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat kelurahan Panekan. Harapnya.
Camat Panekan bapak Djuri S.  sos.juga menyampaikan ucapan Puji Syukur Alhamdullilah kita semua dapat berkumpul di lapangan kel.  Panekan dalam rangka acara tasyakuran bersih desa toto suro, kami atas nama pemerintah kecamatan Panekan mengucapkan terimakasih pemerintah kelurahan menggelar wayang kulit semalam suntuk.  srmoga pagelaran wayang kulit ini bisa menjadi tontonan masyarakat. 
Alhamdullilah atas doa dan dukungan para tokoh dan masyarakat  panekan dapat  anggaran  dana hampir imbang dengan pemerintah desa  dengan harapan  agar dapat membangun kelurahan ini sesuai dengan  harapan masyarakat kelurahan. semoga  pembangunan dan kemajuan masyarakat panekan menjadi wilayah Baldatun Toyibatun Warobbu Gofur.  Harap bpk camat Djuri S.  sos
Penyerahan tokoh pewayangan yang di serahkan oleh kakel panekan kepada Ki dalang Alek Sabdo Budi Utomo bahwa pagelaran wayang kulit di mulai dengan lakon PANDOWO SYUKUR."
Babinsa kelurahan Panekan diselala acara merasa sangat terharu atas kekompakan warga kelurahan selama ini setiap kegiatan dilingkungan di kerjakan dengan gotong royong semoga hubungan silaturahim masyarakat dengan aparat pemerintahan dan koramil dapat terjalin semakin baik.  seru pelda Sukarno. ( Skr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar