Selasa, 17 September 2019

Babinsa Kelurahan Kawedanan Simulasi Manasik Haji, Menanamkan Sikap Religius Anak Sejak Usia Dini


MAGETAN JAWA TIMUR - Dalam rangka mendidik siswa dan  pembelajaran di usia dini , IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak kanak Indonesia) melaksanakan pengenalan dan pembelajaran manasik Haji Dengan tema  "Manasik Haji menumbuhkan semangat berhaji sejak usia dini" yang di ikuti oleh TK (Taman Kanak kanak) se Kecamatan Kawedanan yang bertempat di Lapangan Kecamatan Kawedanan. Rabu (18/9/2019).

Pelaksanaan pembelajaran manasik haji dihadiri oleh Forkopimca Kawedanan, Camat Kawedanan Samsi Hidayat, Danramil 0804/10 Kawedanan yang diwakili oleh Babinsa Sertu Agung NC, Kapolsek Kawedanan yang diwakili oleh Wakapolsek Ipda Sudarso, Kepala KUA Kawedanan Anwar dan penyelenggara manasik haji serta peserta.

Acara ini dilaksanakan untuk sekaligus pembelajaran terhadap anak di usia dini, yang di bantu oleh sebagian dari Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) se Kecamatan Kawedanan Ribuan anak-anak tampak mengenakan pakaian ihram layaknya jamaah haji di Tanah Suci Makkah.

"Kegiatan ini sebagai pembelajaran usia dini sekaligus menjadi edukasi bagi   anak anak didik, kami sediakan sarana untuk menunjang pelaksanaan haji dan umroh, tujuannya agar lebih memudahkan dalam pembelajaran," ucap ketua panitia penyelenggara kegiatan tersebut.

Dalam simulasi manasik haji dan umroh ini, ketua panitia menyampaikan ada beberapa tahapan yang dilaksanakan dalam pelaksanaan manasik haji ini di antaranya seperti melaksanakan towaf dengan mengelilingi Ka'bah, kemudian melaksanakan sa'i, kemudian melontar jumroh dan cara tahlul minum air. Beliau menyampaikan rencananya kegiatan manasik haji akan kami adakan secara rutin, karena kegiatan ini sangat positif untuk menanamkan sikap religius anak sejak usia dini. Sehingga harapanya akan tertanam pada jiwa anak dengan karakter yang Islami. (R10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar