Senin, 26 Agustus 2019

Tradisi Unik Jelang Pengesahan Warga Baru PSHT


Magetan -Sebanyak 152 siswa calon warga Persaudaraan Setia Hati Teratai Ranting mengadakan tradisi tes ayam oleh pengetes cabang PSHT cabang Magetan.  Tradisi ini dilaksanakan di gedung UPTD kecamatan Poncol. Maksud dari diadakan tes ayam bagi warga baru adalah untuk mengetahui sifat seseorang calon warga PSHT. Perguruan Pencak Silat PSHT memiliki cara yang unik untuk melihat karakter pesilatnya, yakni dengan media ayam jago yang selama ini dipelihara beberapa tahun.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  pengurus PSHT ranting Poncol bpk.Maryadi, dewan pengetes PSHT cabang Magetan. Bpk.Rebi, warga tingkat 1 PSHT ranting Poncol, siswa PSHT ranting Poncol,  Babinsa Alastua Koramil 0804/05 Poncol Serda Dedi dan Babinkamtipmas polsek Poncol.

Kegiatan sendiri dimulai pengarahan oleh pengurus PSHT ranting Poncol kepada siswa /calon warga PSHT Ranting Poncol yang akan melaksanakan kegiatan tes ayam. Dalam penyampaianya Bapak Maryadi mengatakan bahwa tradisi yang sudah menjadi sesepuh harus tetap dijaga dan dilestarikan.Ritual ini sebagai syarat untuk mengikuti pengesahan keluarga PSHT.

Mereka sudah berlatih di perguruan selama hampir  setahun mulai sabuk hitam hingga sabuk putih kecil. Nah ritual itu untuk mengesahkan mereka diterima sebagai keluarga besar PSHT. Lebih lanjut beliau menyampaikan  mengapa harus wajib membawa ayam jago karena  ayam jago sebagai simbol keberanian sehingga anggota PSHT diharapkan bisa memiliki jiwa kepemimpinan yang berani, jujur, tegas dan bijaksana.(R.05)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar