Sabtu, 03 Agustus 2019

Sosialisasi Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Hutan


Magetan - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di Indonesia terdapat dua musim yaitu musim penghujan dan kemarau.Setiap musim pasti ada dampak yang diakibatkanya,baik dampak yang positif maupun dampak yang negatif.Dari perubahan musim tersebut sedapat mungkin harus mengantisipasinya sehingga hal hal yang negatif dapat kita cegah.Ketika musim penghujan datang dapat kita antisipasi datangnya banjir dan tanah longsor terutama mereka yang tinggal didaerah pegunungan dan ketika musim kemarau datang maka bahaya akan kebakaran dan kekeringan akan muncul.

Hal inilah yang mendasari BKPH Lawu Selatan mengadakan Sosialisasi Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Hutan, bertempat di kantor Perhutani BKPH Lawu Selatan Kecamatan Poncol pada Jum at 2 Agustus 2019.Kegiatan yang dihadiri Kepala Perhutani Lawu Selatan(Asper), Danramil Plaosan Kapten Inf Waluyo. U, Kapolsek Plaosan Akp M. Munir, Kasi Humas Plaosan, Kasi Humas Panekan, Perwakilan Bhabhinkamtimas dan Babinsa,Warga masyarakat yang berbatasan dengan hutan.
Ada poin - poin penting yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut :
1. Ketika berkunjung ke masyarakat Babinsa agar mengingatkan warga berhati-hati dalam menyalakan api.
2. Hutan merupakan sumber pelestarian penampungan air, mari kita bersinergi melestarikan Hutan.
3.Apabila ada pelanggaran agar warga segera melaporkan kepada pihak yg berwajib/ polri,TNI,polhut.
4. Kita hrs selalu bersinergi misalnya dlm pelaporan klu satu melaporkan diharapkan yg lain juga melaporkan ,apabila terjadi sesuatu dgn hutan diwilayah kita, kita diharapkan saling memberi informasi.

Babinsa Koramil 0804/05 Serda Marjuki yang mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan bahwa wilayah Kecamatan Poncol sangat rentan terdampak adanya bahaya yang ditimbulkan oleh perubahan musim tersebut, karena wilayah Kecamatan  Poncol berada dikaki gunung lawu yang secara geografis daerah pegunungan yang masih banyak hutan disekelilingnya. Dampak yang diakibatkan ketika musim hujan tentunya tanah longsor dan pohon tumbang, sedang ketika musim kemarau datang maka resiko kebakaran akan sangat mengancam kehidupan warga masyarakat Kecamatan Poncol.Dan ini sangat perlu antisipasi secara dini dan memberi pemahaman secara door to door kepada masyarakat. Lebih lanjut Serda Marjuki menyampaikan  agar  masyarakat  sekitar hutan harus berhati - hati dalam membuang puntung rokok, walaupun kelihatan remeh tetapi ini juga salah satu penyebab adanya kebakaran. Apabila ada tanda - tanda bahaya datang segera melapor ke aparat setempat.(R.05)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar