Kamis, 01 Agustus 2019

Danramil 0804/08 Barat Ikuti Evaluasi Penilaian Desa Bersih,Sehat Dan Lestari (Berseri) Tingkat Kabupaten


Magetan - Danramil 08 Barat Kapten Inf Suparlan mengikuti Evaluasi Penilaian Desa Bersih Sehat Dan Lestari (Berseri) tingkat Kabupaten Magetan yang   mana dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh tim penilai dari Dinkes dan Dinas Lingkungan hidup Kab.Magetan. Rabu(31/07/2019)

Dalam proses penilaian kapten inf Suparlan didampingi oleh Babinsa Desa Banjarejo Serda Dardi serta petugas dari Dinkes Magetan,DLH Kabupaten Magetan.

Pada setiap kunjungan sebelum melakukan peninjauan lapangan, tim berkesempatan untuk mendengarkan langsung presentasi dari Kepala Desa tentang kebijakan-kebijakannya serta presentasi dari ketua kader lingkungan desa tentang implementasi program kerja kader lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut Kapten Inf Suparlan menyampaikan dihadapan para petugas dan masyarakat yang ada   di Desa Banjarejo adalah  salah satu desa yang mempunyai potensi untuk dikembangkan terlihat dulunya di desa Banjarejo khususnya di pinggir jalan itu sering kali terlihat kotor karena banyak sampah yang berserakan dan itupun dilakukan  oleh orang luar Desa yang mana sering kali terlihat pemandangan yang tidak sedap dipandang dan masyarakat Desa Banjarejo membuat inovasi dengan menghiasi pinggir jalan raya dengan ban bekas yang sudah di cat atau dilukis mulai saat itu tidak ada lagi orang yang membuang sampah di tempat itu dan sebagai koreksi hari ini dalam penilaian tolong tingkatkan kebersihan.

Sarmito dari Dinas lingkungan hidup menyampaikan dalam Program Desa/Kelurahan Berseri sedikitnya ada enam komponen dasar yang harus didukung oleh peran aktif masyarakat bersama Kepala Desa. Yakni masyarakat sudah bisa pilah sampah, komposter untuk pengelolaan sampah basah, bank sampah untuk pengelolaan sampah kering yang diharapkan ada di masing-masing RW selain ada bank sampah induk, Kader yang aktif, inovasi lingkungan serta penataan jalan lingkungan dan tanaman di setiap gang.

Jika hal ini bisa dicapai tentu desa ini akan menjadi daya tarik bagi orang lain untuk datang, melihat dan belajar tentang tata kelola lingkungan hidup, kepala desa dan kader lingkungan perlu mencari solusi dan inovasi untuk lebih mendorong dan memancing peran serta masyarakat untuk mensukseskan program ini Tujuan program Desa Berseri ini tidak lain adalah untuk menciptakan suasana lingkungan masyarakat yang bersih, teduh, sehat dan indah. Dimana hal ini harus diupayakan bersama masyarakat karena yang akan merasakan dampak positifnya adalah masyarakat desa itu sendiri.

Selain terciptanya lingkungan Berseri, harapan selanjutnya adalah perubahan karakter masyarakat yang lebih bijak terhadap lingkungannya serta mampu mengelola sampah dengan tepat. “Kalau masyarakat sudah mandiri dalam hal ini tentu akan meringankan kerja pemerintah desa dalam pengelolaan tata lingkungan sehingga untuk kedepannya warga masyarakat yang tinggal di desa Banjarejo ini bisa merasakan hidup guyub rukun serta nyaman. (R.08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar