Minggu, 04 Agustus 2019

Beri Semangat Babinsa Desa Kleco Ikut Senam Bersama Lansia


Magetan, Kesehatan merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Tuhan YME kepada hamba-Nya. Tanpa kesehatan, hidup tak akan berarti. Namun terkadang orang lupa akan nikmat kesehatan yang dimilikinya karena terhanyut akan mimpi-mimpi indahnya. Apalagi usia yang sudah lanjut (Lansia) perlu rutin menjaga kebugaran agar tetap sehat. Namun kadang rasa malas dan badan yang kurang enak membuat para Lansia tidak mau hadir dalam kegiatan senam bersama. Oleh sebab itu Babinsa Desa Kleco Serda Sri Suharno selalu hadir dan memberikan semangat kepada para Lansia agar selalu aktif dalam kegiatan senam bersama yang diadakan di Lapangan Balai Desa Kleco Kecamatan Bendo. (Minggu, 04/08/19)

Senam lansia adalah salah satu latihan fisik yang dapat membakar kalori dan melatih otot jantung. Sehingga dengan senam meningkatkan jantung agar dapat memompa oksigen melalui darah ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal. Olahraga ini mudah dilakukan dan tidak memberatkan tertutama pada lansia. Aktivitas senam lansia sangat memberikan manfaat bagi tubuh terutama tetap menjaga fungsi jantung bekerja secara optimal. Senam lansia tidak hanya menyehatkan fisik tetapi juga dapat menjaga mental dan emosi. Aktivitas ini setidaknya dapat mempertahankan emosi lansia tetap stabil, senantiasa bahagia, tidur lebih nyenyak serta mengkondisikan pikiran tetap segar.

Serda Sri Suharno mengatakan bahwa manfaat senam lansia dapat mengatasi Kram yang sering dialami Lansia. Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat dicegah dengan melakukan senam lansia. Mencegah Diabetes Menetus dimana dengan rutin senam dapat menghindari penyakit diabetes. Memperlancar proses degenerasi. Meningkatkan Sistem Imun karena dengan badan yang segar bugar dapat menangkal segala penyakit dari luar. Dengan senam juga dapat merilekskan  otot-otot yang kaku. Gerakan yang bervariasi juga melatih otak untuk tetap mengingat dan membiasakan otak untuk tetap berpikir guna meningkatkan daya ingat dan mencegah pikun.

"Sebelum mengalami sakit, marilah jaga kesehatan. Selalu ingatlah bahwa kesehatan yang penting untuk dijaga karena kesehatan merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Allah SWT untuk makhlukNya. Kita bertugas untuk menjaganya dengan baik misalnya dengan istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, menjaga pola makan dan lain sebagainya. Selalu pakailah semboyan lebih baik mencegah daripada mengobati". Imbuh Serda Sri Suharno. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar