Jumat, 12 Juli 2019

Tradisi Bersih Desa Merupakan Wujud Keselarasan Antara Manusia Dan Alam


Magetan - Tradisi Bersih Desa ini dilaksanakan satu kali dalam setahun, Mejemukan yang merupakan warisan adat istiadat sebagian bangsa Indonesia ini seyogyanya dipertahankan dan dilestarikan agar jangan musnah. Hal ini perlu diketahui oleh generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang perlu menjiwai nilai-nilai luhur bangsa yang berdasar Pancasila, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan adat Bersih Desa  yang  merupakan tradisi turun temurun dari zaman leluhur adalah wujud keselarasan antara manusia dan alam, karena dalam keseharian hidup manusia hidup tidak lepas ketergantunganya terhadap kemurahan alam seperti hasil panen yang melimpah.

Oleh karena masyarakat Desa Dukuh Kec. Lembeyan melaksanakan tradisi bersih desa setiap hahunnya, dengan mengadakan selamatan syukuran.   Wargapun sangat antusias dan penuh semangat menggelar tradsi Bersih Desa tersebut, baik itu golongan tua atau muda semua ikut melaksanakan tradisi bersih desa ini,  untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan kerjasama dan menjunjung tinggi sikap kegotong royongan serta memupuk kerukunan antar warga sehingga terwujud lingkungan yang aman.

Menurut Bati Komsos Koramil 0804/12 Lembeyan Pelda Heru, ”Dengan adanya acara tradisi bersih Desa ini saya berharap acara Bersih Desa tetap selalu diadakan setiap tahunnya guna melestarikan budaya para leluhurnya yang telah turun temurun, selain itu Bersih Desa ini juga sebagai interaksi sosial bagi warga di Desa Dukuh yang dapat menumbuhkan sikap kebersamaan dan saling gotong-royong untuk melakukan suatu pekerjaan,”ungkapnya.  (R. 12).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar