Sabtu, 13 Juli 2019

Serda Suyoto Hadiri khataman dan Imtihan Al-Quran Desa Kentangan


Magetan – Desa  Kentangan Kecamatan Sukomoro Istiqomah  dengan menggelar hajatan akbar berupa khataman dan Imtihan Al-Quran pada Sabtu, 13 juli 2019 di Gedung TPQ Ds. Kentangan Kecamatan Sukomoro kab Magetan.  Selain dihadiri oleh Kepala Kantor KUA Kecamatan sukomoro Kabupaten Magetan. acara ini juga menghadirkan tamu lebih dari 75 orang.

Kepala tpq hudayatull amiin ds kentangan kec sukomoro bapak wawan. menyampaikan bahwa Acara khataman dan Imtihan ini merupakan rangkaian puncak dari tujuh program dasar pembelajaran al-Quran metode Ummi yang meliputi Tashih, tahsin, coaching, supervisi, sertifikasi, munaqasah, kemudian khataman dan Imtihan.

Khataman dilakukan karena masing-masing peserta didik telah menyelesaikan tadarus Al-Quran binnadzar (dengan melihat mushaf) sebanyak 30 Juz. Kegiatan ini dilakukan selama dua bulan penuh setiap bakda shalat dhuhur secara terprogram dan sistematis dengan dipandu oleh masing-masing ustadz penanggung jawab halaqah.

Sedangkan Imtihan merupakan uji publik sebagai bentuk pertanggungjawaban tpq hidayatul amin dalam menyelenggarakan pembelajaran al-Quran secara berkualitas. Peserta Imtihan adalah peserta tpq hidayatul amiin dinyatakan lulus uji munaqosyah pembelajaran al-Quran Metode Ummi oleh tim penguji dari Ummi Foundation Cabang Surabaya. Materi yang diujikan pada munaqasyah meliputi, fashahah (kelancaran bacaan al-quran secara tartil), penguasaan hafalan al-Quran juz 30, penguasaan kaidah-kaidah ilmu tajwid beserta prakteknya dalam bacaan al-quran dan gharaibul Quran (bacaan-bacaan asing yang terdapat dalam al-Quran).

Acara ini menghadirkan Kepala desa kentangan, Babinsa desa Kentangan dan para tokoh agama seperti Ketua kua Ketua takmir masjid  Ketua Bpd Ormas baik Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), maupun al-Irsyad, Takmir masjid  para praktisi dan pemerhati pendidikan, Kepala KUA, para pejabat dinas terkait dan tokoh penyelenggara pendidikan, para Orang tua / wali peserta didik, serta dewan pembina, pengurus, pengawas, dan penasehat Yayasan tpq

Puncak acara khataman dan imtihan ini sungguh menegangkan dan mengharukan, karena setelah peserta membacakan beberapa surat di akhir juz 30 yang dilanjutkan doa khatmil Quran, pemandu acara mempersilahkan para tokoh dan tamu undangan untuk menguji secara langsung kemampuan baca Qur’an peserta di atas panggung yang telah disematkan nomor dada masing-masing. Para tamu dipersilahkan menunjuk nomor peserta yang dituju secara acak kemudian bebas menguji tentang fashohah (kelancaran bacaan), penguasaan teori dan praktek ilmu tajwid, gharaaibul Qur’an (bacaan-bacaan asing dalam Qur’an), serta hafalan surat-surat yang ada pada Juz 30.

Danramil Sukomoro Kptn inf Efendi Santoso menyampekan pesan agar ilmu yang telah di dapat bermanfaat sapek tua nanti. Dan selalu belajar dan belajar dan jangan puas apa yang di dapat. Dan jangan lupa sholat lima waktu. selalu mendoankan kedua orang tuanya.

Perwakilan dari kua   menanyakan kepada salah satu peserta tentang bacaan imalah. Dijawab dengan jelas oleh peserta tertunjuk bahwa ”imalah artinya memiringkan bunyi fathah pada kasrah, di dalam Al-Quran hanya terdapat pada surat Huud, ayat 41 Juz 12”, kemudian peserta mencontohkan cara membaca ayat tersebut.  Pertanyaan demi pertanyaan yang datang bertubi-tubi dijawab dengan tegas dan jelas oleh setiap peserta.

“Acara ini sungguh menakjubkan karena 75 peserta yang masih usia anak-anak dan baru duduk di bangku kelas IV (empat) Madrasah Ibtidaiyah telah mampu menjawab seluruh pertanyaan para tamu undangan tentang penguasaan baca al Quran dengan lancar. Banyak para tamu undangan yang merasa takjub dan berderai air mata menyaksikan kehebatan anak-anak ini”,

Keharuan makin memuncak setelah uji publik selesai. Pemandu acara mempersilahkan beberapa saat kepada seluruh peserta khataman dan imtihan untuk turun panggung dan menghampiri kedua orang tua masing-masing. (R 09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar