Rabu, 03 Juli 2019

Menanamkan Wawasan Kebangsaan Sejak Dini Kepada Para Santri


Magetan - Pondok Pesantren (Ponpes) merupakan salah satu pilihan dalam pembinaan dan pendidikan anak di Kabupaten Magetan, dengan kondisi tersebut tentunya keberadaan generasi muda yang berada di pondok-pondok tersebut perlu mendapatkan perhatian yang sama dengan sekolah-sekolah umum lainnya, demikian halnya pemberian materi wawasan dalam rangka memberikan pembekalan kepada  mereka.

MOS (Masa Orientasi Santri) sebagai salah satu agenda rutin awal setiap tahun ajaran baru dimanfaatkan Danramil 0804/05 poncol Kapten Inf Suwarno untuk mememberikan wawasan kebangsaan kepada santri baru di Pondok Pesantren Darul Ulum Desa Poncol kecamatan Poncol kabupaten Magetan. Kamis  (4/07/2019)

Berbeda dengan sekolah lainnya, acara MOS di Pondok Pesantren Darul Ulum Desa Poncol terdiri dari orientasi MTs Darul Ulum dan orientasi Madrasah Diniyah Darul Ulum, kali ini MOS berlangsung selama empat hari mulai Rabu, 3 Juli 2019 hingga Sabtu, 9 Juli 2019. Kegiatan MOS dimulai dengan melakukan apel pagi yang diikuti oleh 135 peserta MOS beserta kakak pendamping Pondok Pesantren Darul Ulum.

Danramil 0804/05 poncol Kapten Inf Suwarno menjelaskan Santri merupakan generasi penerus bangsa yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet perjuangan para pahlawan dalam menjaga keutuhan NKRI. Karena itu, perlu untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dalam diri mereka.

“Selain menanamkan nilai-nilai keagamaan, memberikan wawasan kebangsaan juga sangat diperlukan agar mereka memahami bangsanya dan mengerti bagaimana cara mencintai tanah airnya” terangnya.

Danramil 0804/05 Poncol Kapten Inf  Suwarno menambahkan penanaman rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan yang luas, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta rasa rela berkorban harus diberikan dan ditanamkan sejak dini kepada  generasi muda, agar mereka memahami jadi diri bangsanya. “kata Danramil” (R.05)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar