Rabu, 17 Juli 2019

Jati Diri Bangsa Indonesia Dan Edukasi Outbond Diperkenalkan Pada Siswa SMPN 1 Bendo


Magetan - Dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru diseluruh sekolah, baik tingkat SLTP maupun SLTA diwilayah Kecamatan Bendo selalu meminta bantuan anggota Koramil 0804-13/Bendo untuk menjadi Pembina, tidak terkecuali SMPN 1 Bendo juga meminta bantuan Personel dari anggota Koramil 0804-13/ Bendo untuk menjadi Pembina dalam kegiatan MPLS tersebut. Kegiatan ini dimanfaat dengan baik oleh anggota Koramil 0804-13/Bendo untuk memberikan materi Jati Diri Bangsa Indonesia untuk Bela Negara serta memberikan permainan edukasi outbond yang ikuti seluruh siswa baru SMPN 1 Bendo Kecamatan Bendo. (Kamis, 18/07/19)

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Juga diisi dengan kegiatan pembentukan mental dan idiologi karena para siswa merupakan generasi penerus Bangsa yang akan menjadi pewaris untuk melanjutkan kelangsungan hidup Berbangsa dan Bernegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Bati Komsos Koramil 0804-13/ Bendo Pelda Budianto yang memberi materi menyampaikan bahwa pemberian materi Jati Diri Bangsa Indonesia agar para siswa lebih memahami dan mengerti sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga masa-masa setelah kemerdekaan sampai kondisi Bangsa Indonesia sekarang ini. Sehingga diharapkan para siswa setelah mengetahui dan mengenal sejarah Bangsa Indonesia maka akan lebih mencintai lagi terhadap NKRI dan secara ihklas terpanggil hatinya untuk ikut serta dalam Belanegara. Pepatah mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang, oleh sebab itu agar para siswa lebih cinta pada Bangsa Indonesia maka perlu diperkenalkan lebih mendalam tentang jati diri Bangsa Indonesia.

Kemudian para siswa juga diberikan pembekalan materi tentang Bela Negara agar didalam diri para siswa tertanam unsur Belanegara yaitu Cinta tanah air, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Menyakini bahwa Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara serta memiliki kemampuan Bela Negara secara fisik dan Psikis. Setelah kegiatan ruangan selesai dilanjutkan permainan edukasi outbond agar para siswa tidak suntuk didalam ruangan saja. Selain kegiatan ini untuk membuat para siswa gembira juga untuk melatih para siswa bagaimana cara bekerja kelompok, saling bekerja sama dan harus kompak satu sama lain sehingga membentuk sikap yang disiplin dan secara tidak langsung menumbuhkan rasa tanggung jawab sehingga tercipta kekompakan sesama pelajar. Imbuh Pelda Budianto. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar