Kamis, 18 Juli 2019

Danpos Ramil Ngariboyo, Materi Wawasan Kebangsaan Merupakan Penjabaran Program Pembinaan Teritorial


Magetan - Komandan Pos Rayon Militer (Danposramil) Koramil 0804-01/Magetan Peltu Hadi Kusnomo bersama 5 orang anggotanya memberikan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada siswa SMP Negeri 1 Ngariboyo bertempat lapangan Desa Ngariboyo, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis (18/07/2019) pagi.

Sekolah Menengah Pertama merupakan jenjang pendidikan menengah setelah pendidikan dasar yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-citanya dimasa yang akan datang.

Pemberian wawasan tersebut disesuaikan usianya sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi di tingkat Sekolah Menengah.

Peltu Hadi Kusnomo mengatakan, penyampaian materi wawasan kebangsaan ini merupakan penjabaran program pembinaan teritorial (Binter) guna memberikan wawasan kebangsaan serta untuk mendekatkan diri kepada generasi penerus.

“Pos Ramil Ngariboyo telah berkoordinasi dengan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Ngariboyo dan Kepala Sekolah untuk memberikan waktu bagi Ps Ramil Ngariboyo untuk memberikan pembekalan Wasbang kepada siswa-siswinya”, kata Peltu Hadi Kusnomo.

Dalam pemberian materi, tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SMP yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian mengisi pembangunan.

Setelah mengajak mengingat ingat sejarah dan lagu lagu nasional, kemudian siswa siswi diajarkan untuk disiplin. Diantaranya latihan baris berbaris. Setingkat SMP sementara cukup mengenalkan gerakan ditempat. Latihan PBB ini sangat penting untuk mendidik disiplin sejak dini. “ujar Peltu Hadi”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar