Selasa, 09 Juli 2019

Anggota Satlinmas Desa Pingkuk Dibekali Wawasan Kebangsaan Agar Siap Bela Negara


Magetan, Dalam rangka menunjang keberhasilan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah Koramil 0804/13 Bendo, Danramil beserta anggotanya selalu menerapkan Metode Binter. Salah satu metode Binter yaitu Pembinaan Perlawanan Wilayah (Binwanwil). Dengan bekerja sama Pemerintah Desa Pingkuk Danramil Kapten Inf Sarpan bersama anggota melaksanakan Binwanwil sebagai Narasumber untuk memberikan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara serta memberikan Pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada anggota Satlinmas Desa Pingkuk bertempat di Balai Desa dan Lapangan Desa Pungkuk Kecamatan Bendo. (Rabu, 10/07/2019)


Kegiatan dimulai didalam ruangan dimana anggota Satlinmas yang berjumlah 30 orang mendapat pembekalan dari Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Sarpan yaitu dengan materi wawasan kebangsaan agar para anggota Satlinmas lebih memahami dan mengerti sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga masa-masa setelah kemerdekaan. Sehingga diharapkan para anggota Satlinmas setelah mengetahui dan mengenal sejarah Bangsa Indonesia maka akan lebih mencintai lagi terhadap NKRI dan secara ikhlas terpanggil hatinya untuk ikut serta dalam Belanegara.

Kemudian anggota Satlinmas juga diberikan pembekalan materi tentang Bela Negara agar didalam diri para anggota Satlinmas tertanam unsur Belanegara yaitu Cinta tanah air, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Menyakini bahwa Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara serta memiliki kemampuan Bela Negara secara fisik dan Psikis.

Setelah kegiatan ruangan selesai dilanjutkan latihan baris berbaris dilapangkan, dimana pemberian materi ini bertujuan untuk membentuk sikap jasmani yang tegap, tangkas, disiplin dan secara tidak langsung menumbuhkan rasa tanggung jawab sehingga tercipta kekompakan sesama anggota Satlinmas. Sehingga dalam melaksanakan tugasnya selalu optimis dan penuh semangat serta percaya diri.

Kapten Inf Sarpan juga berpesan kepada anggota Satlinmas agar dalam melaksanakan tugas harus senantiasa menjunjung tinggi disiplin, ketegasan dan mempunyai pola pikir dan pola tindak yang baik, selalu memelihara jiwa korsa dengan memperhatikan rambu-rambu hak asasi manusia. harus menghormati dan melindungi martabat manusia, mempertahankan dan menegakan hak asasi manusia untuk setiap warga negara.

"Anggota Satlinmas membantu dalam melaksanakan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, anggota Satlinmas juga menjadi motivator bagi partisipasi masyarakat dalam menjaga dan memelihara ketertiban dan ketentraman umum dalam bermasyarakat". Imbuh Kapten Inf Sarpan. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar