Jumat, 12 April 2019

Babinsa Pendampingan Pertanian Di Desa Binaan

Plaosan, Dalam upaya mengoptimalkan pencapaian swasembada pangan di wilay:ah, koramil 0804/02 plaosan. Kodim 0804 magetan menerjunkan para babinsa untuk melakukan pendampingan terhadap petani di desa binaanya.

Sesuai intruksi diatas babinsa ds.sumberagung melakukan pendampingan panen tanaman padi milik warga ds binaan di lahan pertanian ds.sumberagung.


Seperti Pada Jum'at (12/4) Di areal tanaman padi yg berusia  3 bulan tersebut, di lakukan panen secara manual oleh petani bersama penyuluh pertanian dan babinsa desa sumberagung.

Di sela-sela kegiatan, babinsa sumberagung srt hariyono mengatakan, hasil panen tanaman padi untuk kebutuhan pangan para warga selebihnya disimpan untuk cadangan pangan selama 1 tahun.tanaman padi sebelum panen perlu perawatan agar hasilnya baik  dan tujuan agar padi dapat tumbuh berkembang dengan leluasa menyerap unsur hara yang di butuhkan tanaman.

Bila rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman tidak di bersihkan maka akan menjadi pesaing tanaman padi dalam menyerap unsur hara, cahaya, air sehingga pertumbuhannya akan terhambat dan akan berpengaruh pada hasil panen, terang babinsa.

Penyuluh pertanian juga ikut mengecek hasil panen para petani di ds binaan agar mengetahui berhasil tdk nya dlm pengelolaan tanaman padi sampai masa panen.
Tolok ukur penyuluh pertanian tanaman padi dengan berat yg standart menandakan keberhasilan petanian dlm menggarap lahannya khusunya tanaman padi.

Semoga para petani di ds binaan tetap semangat dlm mengelola lahan pertanian dng didampingi babinsa dan penyuluh pertanian lapangan. (udin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar