Selasa, 12 Maret 2019

Danpos Ramil Ngariboyo Hadiri Rapat Penetapan Rancangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa ( Rapbdes ) Tahun 2019


Magetan,  Peltu Hadi Kusnomo Danpos Ramil 0804/01 Ngariboyo dan Sertu Harun Babinsa Desa Banyudono menghadiri rapat penetapan rancangan APBDes bertempat dibalai desa Banyudono kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan .
Rapat tersebut dhadiri oleh Plt camat ngariboyo Bpk Syaiful yani,S.sos,Wakapolsek  Ngariboyo ipda Kusni   SH,Danpos Ngariboyo Peltu Hadi Kusnono,Kepala desa banyudono  Bpk Fani Akbar Pangestu ,Perangkat desa Banyudono,Ketua BPD ds Banyudono H Sutrisno ,Babinsa dan babinkamtibmas ds Banyudono,Ibu Endang Ambar Wati kabid pemdes ,Toga,Tomas,Toda dan ketua RT RW ds. Banyudono

Anggaran pendapatan dan belanja desa adalah pertanggungjawaban dari pemegang manajemen desa untuk memberikan informasi tentang segala aktifitas dan kegiatan desa kepada masyarakat desa pemerintah atas pengelolaan dana desa dan pelaksanaan berupa rencana-rencana program yang dibiayai dengan uang desa. Dalam APBDesa berisi pendapatan, belanja dan pembiayaan desa.
Anggaran desa mempunyai beberapa fungsi utama yaitu sebagai:  Alat perencanaan, Anggaran merupakan alat pengendali manajemen desa dalam rangka mencapai tujuan. Anggaran desa digunakan untuk merencanakan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh desa beserta rincian biaya yang dibutuhkan dan rencana sumber pendapatan yang akan diperoleh desa. Anggaran sebagai alat perencanaan digunakan untuk: Merumuskan tujuan dan sasaran kebijakan agar sejalan dengan visi, misi dan sasaran yang sudah ditetapkan. Merencanakan berbagai program, kegiatan, serta sumber pendapatan. Mengalokasikan dana untuk program dan kegiatan yang sudah disusun.

Dalam kesempatan yang diberikan kepada Peltu Hadi Kusnomo menyampaikan yg intinya selamat datang di balai desa banyudono semoga bapak dan ibu semua menjadi saksi bahwa penetapan APBDES 2019 ds Banyudono yg sudah mendapat persetujuan dan kajian dari masyarakat semua
- mudah2 pengesahan apbdes ini semuanya yg hadir bisa menyetujui dan dapat disahkan .
- moga2 pelaksanaan APBDES bisa berjalan lancar aman .
Danpos Ngariboyo Peltu Hadi juga menghimbau untuk penggunaan anggaran harus sesuai. Karena anggaran Pendapatan dan Belanja Desa sebagai sebuah dokumen publik sudah seharusnya disusun dan dikelola berdasarkan prinsip partisipatif, transparan, dan akuntabilitas. Rakyat yang hakekatnya sebagai pemilik anggaran haruslah diajak bicara dari mana dan berapa besar Pendapatan Desa dan diajak bermusyawarah untuk apa Uang Desa di belanjakan. Dengan demikian harapan tentang anggaran yang digunakan untuk kesejahteraan rakyat benar-benar akan terwujud dan dapat memberikan arti serta nilai bahwa tatakelola kepemerintahan desa dijalankan dengan baik.Mengajak semua warga agar ikut serta mengawasi penggunaan dana di desanya agar tidak terjadi penyalah gunaan anggaran tersebut. Guna membangun desa secara fisik dan non fisik. Jangan sampai dalam penggunaan dana tersebut menyimpang dari RAPBdes (tsr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar