Sabtu, 29 Desember 2018

Danramil 0804/02 Plaosan Sebagai Narasumber Dalam Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Pengembangan Batik Untuk Memperkuat BUMDES



Magetan - Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (selanjutnya disebut BUMDes) bertujuan sebagai lokomotif pembangunan ekonomi lokal tingkat Desa. Pembangunan ekonomi lokal Desa ini didasarkan oleh kebutuhan, potensi, kapasitas Desa, dan penyertaan modal dari pemerintah Desa dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa dengan tujuan akhirnya adalah meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Desa. Dasar pembentukan Bumdes sebagai lokomotif pembangunan di Desa lebih dilatarbelakangi pada prakarsa pemerintah dan masyarakat Desa dengan berdasarkan pada prinsip kooperatif, partisipatif, dan emansipatif dari masyarakat desa.

Selanjutnya mengenai pengelolaan BUMDes, Permendesa No. 4/2015 mengatur secara jelas dan detail mengenai pengelolaan teknis pelaksanaan BUMDes disertai dengan peran dan fungsi dari masing-masing perangkat BUMDes. Memang isi permendesa No.4/2015 ini berlaku umum, artinya tetap saja dalam pelaksanaan di daerah harus ada penyesuaian yang kemudian diatur oleh Peraturan Bupati/walikota sesuai dengan keadaan alam, lingkungan, dan budaya setempat.

Demikian halnya yang telah dilaksanakan Pada Jumat (28/12) Bertempat di Balai Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan, secara resmi dibuka pelatihan kewirausahaan pengembangan batik untuk memperkuat BUMDES, yang diikuti oleh Masyarakat Desa Sidomukti hadir dalam Kegiatan itu juga  Danramil 0804/02 Plaosan Kapten Inf Waluyo Utomo, Kasi PMD Kecamatan Plaosan, Kepala Desa Sidomukti.

Dalam sambutanya Danramil menyampaikan " dalam kegiatan tatap muka dan koordinasi dengan Tokoh Batik Sidomukti dan Kades Ds. Sidomukti ini  guna menjalin hubungan yang harmonis dan membahas rencana kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi kalangan pemuda Ds. Sidomukti guna melestarikan batik sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan dan wawasan kepada pemuda pemudi desa sidomukti tentang pembatikan dan perdagangan pasar lokal,nasional sampai pasar internasional.

Meningkatkan sinergitas dan jalin hubungan yang harmonis dalam menjaga dan memelihara situasi  keamanan dan ketentraman di Wilayah Desa Sidomukti sehingga terciptanya situasi yang kondusif dalam melakukan usaha-usaha dalam peningkatan tarap ekonomi warga Desa Sidomukti" tutur Danramil. (R.02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar