Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Komsos Dengan Masyarakat Sertu Suyatno Belajar Pengemukan Sapi


Magetan - Babinsa dalam kegiatannya di wilayah adalah melaksanakan Komunikasi Sosial dengan Masyarakat, Komsos tersebut merupakan salah satu metode Binter, untuk mencapai kesepahamam dan kesamaan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat dan seluruh komponen bangsa dengan masyrakat.

Sebagian pasukan Apkowil Komsos sangat di perlukan, guna menciptakan kondisi wilayah yang aman dan kondusif,terutama di bidang pertahanan wilayah.

Begitu juga yang dilaksanakan oleh Babinsa Desa sidokerto Sertu Suyatno Pada Selasa, (13/11)melaksanakan komsos di Rumah Pak Bagong yang beralamat di RT 04 RW 02 Desa Sidokerto Kecamatan Sidorejo, Kegiatan Komsos tersebut dalam rangka bagaimana cara berternak pengemukan sapi yang benar dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Pak Bagong, sebagai pemilik ternak sapi menyampaikan  "Sebelum mulai ternak sapi yang harus di siapkan yaitu, menyiapkan kandang harus bersih dan nyaman serta pemilihan bakalan sapi merupakan faktor yang penting, karena sangat menentukan hasil akhir dan jenis bakalan yang baik yaitu, jenis sapi yaitu Metal, Brahman, Limosin selanjutnya mengenai pakan, harus memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi supaya Sapi bisa berkembang sesuai hasil yang di harapkan.

Konsentrat yang baik untuk perkembangan sapi yaitu berupa ampas bir,ampas tahu,bekatul,kedelai,jagung dan ketela,ada juga jenis Konsentrat yang sudah jadi produk dari pabrik selanjutnya.

Setelah keadaan kandang dan jenis bakalan sapi yang benar,maka waktu kasih comboran harus tepat waktu kemudian selama ternak sapi,pemilik harus sabar dan telaten dalam memelihara kebersihan kandang dan cara pemberian pakan.

Pada kesempatan itu Sertu Suyatno selaku Babinsa Sidokerto juga mengatakan "Tujuan komsos adalah untuk mendekatkan TNI-AD dengan Masyarakat Binaaanya dimana tugas Babinsa adalah sebagai ujung tombaknya  di komando Kewilayahan guna menciptakan komunikasi dengan komponen masyrakat dan aparat pemerintah terkait, sehingga menghasilkan hubungan kerja yang bersinergi" Tuturnya.

Sertu Suyatno Juga menambahkan  "Sebagai salah satu dari metode binter TNI AD agar dapat dilaksanakan secara terarah dan mencapai sasaran yang di harapkannya yang terakhir,saya mengajak masyarakat untuk bisa berkoordinasi dan bisa lapor cepat kepada Babinsa apabila di Desa binaan ada hal-hal yang menonjol,karena sekarang sudah mulai musim penghujan, sehingga apabila ada permasalahan yang akan timbul di wilayahnya,sehingga Babinsa bisa mengatasinya atau melaporkan ke komando atas serta saya selaku Babinsa mengucapkan terima kasih banyak,atas pelajaran cara ternak sapi yang benar" Pungkas Sertu Suyatno pada Komsos tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar