Kamis, 13 September 2018

Pagelaran Kesenian Reog Semarakan Grebeg Suro Dan Peringatan 1 Muharam 1440 H Di Desa Krowe Kec. Lembeyan


Magetan - Danramil 0804/12 Lembeyan Kapten Inf Puguh, Bati komsos Serma Heru dan Babinsa Ds.Krowe Serda Bambang Eko menghadiri pagelaran kesenian Reog dalam rangka memperingati 1 Muharam 1440 H, bertempat di perempatan pasar bundel Desa Krowe, Kec. Lembeyan, Kab. Magetan.

Grebeg Suro memiliki arti tersendiri bagi warga di Kec. Lembeyan. Grebeg Suro merupakan tradisi budaya dalam masyarakat dalam wujud pesta rakyat, menurut banyak kalangan grebeg suro ini merupsksn upaya melestarikan budaya leluhur. Dengan harapan Sang Pencipta akan memberikan  keselamatan, kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat Desa Krowe.

Berbagai nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung meliputi nilai simbolik, nilai tanggung jawab, nilai keindahan, nilai moral, nilai hiburan, nilai budaya, nilai sosial, dan nilai religius. Dengan adanya grebeg suro ini juga dapat melestarikan budaya yang ada di Desa Krowe. “terang Kades Krowe Bapk. Sujak”

Ia menambahkan selain syarat dengan nilai Budaya Grebeg Suro  merupakan perwujudan rasa syukur masyarakat Desa Krowe  kepada Yang Maha Kuasa atas nikmat yang telah diberikan dan juga untuk merayakan tahun baru islam.


Setelah kesenian reog, dalam rangka memeriahkan 1 muharram, malam harinya juga dilgelar hiburan dangdut campursari Avista dengan tujuan untuk menghibur masyarakat Desa Krowe dan sekitarnya.(R 12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar