Jumat, 07 September 2018

Kemarau Panjang, Sebabkan Perubahan Tanam Dari Padi Ke Jagung


Magetan – Musim kemarau di wilayah Kec. Poncol Kab. Magetan masih berlangsung mulai pertengahan bulan Mei hingga sekarang dan sampai bulan September ini, walaupun cuaca belakangan ini mendung, namun tidak ada tanda – tanda akan turunnya hujan.


Hal ini menimbulkan dampak kekhawatiran bagi sebagian warga masyarakat yang hendak tanam padi. Tanah saya posisinya di ketinggian, jadi untuk tanam padi kembali sangat membutuhkan air yang banyak dan untuk saat ini ketersediaan air belum ada.

“Oleh sebab itu sehabis panen padi ini, tanah akan saya olah dan ditanami kalau tidak tanaman jagung yaa ubi jalar, wilayah Poncol memang berada dilereng gunung Lawu dan posisi persawahan atau ladang banyak yang berbentuk terasering , sehingga untuk mendapatkan air cukup sulit,” ungkap Rusdi kepada Danramil 0804/05 Poncol.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, tanah yang dimilikinya seluas 0, 05 Ha, dalam setahun hanya mampu ditanami padi sekali, seterusnya ditanami jagung dan ubi. “Alhamdulillah, ini cukup untuk memenuhi kebutuhan makan keluarga,” imbuhnya sambil tersenyum. (tsr/R 05).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar