Senin, 06 Agustus 2018

Bati Komsos Koramil 0804/04 Parang Menghadiri Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Parang


Parang. Bertempat di Pendopo Kecamatan Parang pertemuan UPTD puskesmas Parang Bati Komsos Koramil 0804/04 Parang Serma Gunardi Menghadiri Lokakarya Mini  Lintas Sektor Puskesmas Parang, Selasa, 07/08/18.

Untuk memelihara kerjasama lintas sektor Kecamatan Parang perlu dilakukan upaya penggalangan dan pemantauan pelaksanaan kerjasama melalui suatu forum Lokakarya mini yang diselenggarakan setiap triwulan yang disebut Lokakarya Mini Triwulan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menginformasikan, mengindentifikasi capaian hasil kegiatan triwulan sebelumnya, membahas dan memecahkan masalah serta hambatan yang dihadapi oleh lintar sektor pada kegiatan sebelumnya dengan menganalisa serta memutuskan rencana tindak lanjut dengan memasukan aspek umpan balik dari masyarakat dan sasaran program.

Kepala Uptd puskesmas parang Dr Avnie Febriana memaparkan program-program kerja yang sudah di kerjakan terhitung bulan Januari 2018 hingga  sekarang diantaranya tentang promosi kesehatan, yang meliputi kegiatan pencegahan penyakit, kesehatan lingkungan, kampanye cuci tangan pakai sabun, kegiatan sidak makmin menjelang Hari raya (menarik makanan yang kadaluwarsa), inspeksi sarana air bersih, survey kantin sekolah dan survey pirt, pengambilan sample air, pengambilan sample makanan dan minuman, pemicuan dan sosialisasi STBM, penyuluhan keamanan pangan, pencegahan penyakit menular dan penyakit tidak menular, penjaringan Pneumonia, TBC ,  Leptospirosis, kesehatan ibu dan anak, KB, kegiatan P4 K ( kader posyandu dari tiap 2 desa), kunjungan ibu hamil dan ibu nifas reseko tinggi oleh petugas puskesmas panekan, jampersal untuk ibu melahirkan di permudah, program gizi untuk balita sudah merata, cakupan balita gizi buruk mendapat perawatan sesuai standar tatalaksana cibur, pengadaan PMT pemulihan untuk gizi buruk dan pelayanan pos yandu lansia dan pembentukan kader kader Jumantika Serta vaksin Ori Difteri yang tahap 2 yang sedang berjalan saat ini,jelasnya”

Dr Avnie Febrian menambahkan bahwa akreditasi puskesmas mendatang akan dilakukan dengan sistem telusur kepada lintas sektoral dan stake holder yang ada. Akreditasi merupakan alat untuk meningkatan kinerja Puskesmas.

Lokakarnya mini lintas sektoral merupakan kegiatan yang rutin diadakan Puskesmas Parang yang bertujuan mendapatkan dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam menjalankan pelayanan Masyarakat.(R 04)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar