Sabtu, 07 Juli 2018

Babinsa Desa Mantren Serma Sunarto Dampingi Petani Panen Padi.


Karangrejo - Program ketahanan pangan nasional untuk swasembada pangan hingga saat ini masih eksis dilaksanakan oleh Babinsa bersama PPL, sebagai tindak lanjut MOU Kementrian Pertanian RI dengan Markas Besar Angkatan Darat. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Mantren Serma Sunarto bersama Petugas Penyuluh Lapang ( PPL ) yang bersinergi melaksanakan pendampingan panen padi milik Bpk. Suprapto Rt 06 Rw 03 Kelompok Tani ( Poktan ) “Dewi Sri” Desa Mantren Kecamatan Karangrejo. Sabtu(07/07/2018).

Tugas Babinsa dalam mendampingan pertanian khususnya tanaman padi,  jagung, dan kedelai atau upaya khusus menuju swasembada pangan secara Nasional  khususnya Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) di jajaran Koramil Kodim 0804/ Magetan  melaksanakan kewajibannya dg perhatian ekstra dan selalu monitor langsung dilapangan dalam pengawasan kegiatan pertanian termasuk waspada terus adanya perubahan cuaca dari musim penghujan ke musim kemarau.

Kegiatan Babinsa saat ini di bidang pertanian monitoring setelah MT II mayoritas pendampingan panen padi dilahan milik para petani dan bisa monitor langsung perkembangan hasil panen dsb, 
contoh diantaranya milik Bpk. Suprapto warga RT. 06 RW. 03, Desa Mantren Kecamatan Karangrejo, anggota Kelompok Tani “Dewi Sri” sebagai Ketua Gapoktan (Giranto), melaksanakan panen padi bersama jenis IR 64 ( Beras Merah ) dengan luas panen 1 Ha dan hasil  berupa gabah bisa mencapai 6  ton lebih
Menurut Suprapto dengan hasil panennya saat ini yang terbilang tidak terkendala hama dan mengalami percepatan sejak awal pengolahan lahan,  kita kerjakan menggunakan mesin pertanian memiliki nilai keuntungan yang lebih baik bagi petani, ini semua karena pola pendampingan yang intensif dari peran Babinsa maupun PPL yg selalu perhatian  sering memberikan arahan/ pebyuluhan.
Bahkan Pak Babinsa yaitu Pak Narto sering kali turut turun kelahan untuk ikut mendampingi dan memotifasi bahkan turun ke sawah ikut menanam, memupuk dan lain-lainnya yg ada di lahan-lahan milik kelompok tani “Dewi Sri”. Hal ini sungguh memberikan semangat kepada kami para petani, untuk lebih giat dalam mengelola lahan pertanian, terima kasih Pak Babinsa.

Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo, Kapten Inf Arif. W selalu monitor dan memberikan arahan dan penekanan kepada Babinsanya pada masa tanam kedua ini dengan curah hujan yang berkurang / rendah, butuh banyak tambahan air dari irigasi atau sumur untuk mengairi dengan diesel, Alhamdulillah tidak ada yg gagal panen akibat musim kemarau atau posso / kekeringan di samping itu semangat
 kegotong royongan harus tetap terjalin di kalangan masyarakat, tetap diupayakan melalui bantuan aparatur negara / pemerintah TNI yg di Satkowil siap megamankan dan mengawasi kebutuhan pupuk bersubsidi yg terdistribusi dan bantuan lainnya kepada petani dg harapan kebutuhan pupuk bersubsidi tercukupi mudah dan lancar sampai ke petani tidak ada pelanggaran baik di tingkat distributor, ataupun kios resmi,  termasuk sampai kelompok tani yg sdh diatur sesuai RDKK, ujarnya. (By-R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar