Minggu, 01 Juli 2018

Babinsa Desa Lemahbang Peduli Irigasi Persawahan Warga



BENDO, Pada musim kemarau seperti sekarang ini, Satu-satunya Sumber air yang dapat mengairi sawah warga masyarakat desa lemahbang kecamatan bendo adalah berasal dari P2T. Untuk itu perlu adanya perawatan dan pemeliharaan secara rutin agar apabila sewaktu-waktu digunakan tidak terjadi permasalahan atau kerusakan pada mesin diesel P2T tersebut. Babinsa desa lemahbang Serma Jumadi dan Petugas operator P2T Bapak Sulaiman melaksanakan pengecekan dan perawatan rutin peralatan mesin diesel P2T yang ada di desa lemahbang. Minggu, (01/07/18).

Dari hasil pengalaman Babinsa Serma Jumadi bahwa kebutuhan air untuk tanam padi yang paling banyak membutuhkan air adalah pada saat pengolahan lahan sampai dengan musim tanam. Kebutuhan air untuk pengolahan lahan sampai siap tanam kurang lebih selama 30 hari mengkonsumsi air hampir 20% dari total kebutuhan air. Sedangkan kebutuhan air untuk fase bunting sampai pengisian bulir membutuhkan air sebanyak 35 % dari total kebutuhan air.

Berdasarkan data ditersebut perlu pengaturan dalam pengairan agar tanaman padi dapat tumbuh dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik sesuai harapan petani. Apalagi sekarang ini baru memasuki musim kemarau dan wilayah desa lemahbang masyarakatkan lagi musim panen padi sehingga perlu sekali irigasi yang bisa mengairi sawah mereka untuk dapat diolah kembali lahan persawahan mereka sehingga tidak telat dalam musim tanam berikutnya.

Dengan dirawat dan dipelihara dengan baik P2T ini maka harapan masyarakat desa lemahbang apabila sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan air, maka tidak ada kendala lagi atau terjadi kerusakan mesin yang berakibat pada kekeringan sehingga menunda pada musim tanam ini atau yang sudah tanam padi akan mengering akibat kekurangan air.

Bapak Sulaiman sebagai operator P2T dan masyarakat desa lemahbang sangat senang apabila babinsa ikut serta dalam pengawasan pengairan ini sehingga dapat diatur giliran sawah mana yang harus didahulukan sesuai dengan keadaan tanamannya sehingga bisa merata mendapatkan air sesuai dengan kebutuhan sawah mereka. Agar tanaman padi tidak kekurangan air sehingga dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan panen yang sesuai dengan harapan para petani. (R.13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar