Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Babinsa Desa Duwet Hadiri Halal Bihalal Bersama Warganya


BENDO. Masih dalam suasana Idul Fitri 1439 H,  warga Desa Duwet  menggelar pengajian umum dalam rangka Halal bihalal dengan mendatangkan penceramah KH. Habib Sunarya dari katerban kabupaten Ngawi yang bertempat di Musholla Hidayatulloh Rt 21/03 Desa Duwet Kecamatan Bendo. (Selasa, 03/07/18)

Dalam acara pengajian tersebut dihadiri oleh Camat Bendo yang diwakili Kasi trantib Drs. Suparno, Danramil 0804/13 Bendo yang diwakili Babinsa Desa Duwet Serda Rudi Hartono, Kapolsek Bendo AKP Iin Pelangi, SS. Kepala Desa Duwet Agus Budiono, Ketua Panitia Heri Sanuri dan para warga masyarakat desa duwet dan sekitarnya sekitar 500 orang.

Halal Bihalal muncul sebagai ungkapan saling memaafkan kesalahan dan kekhilafan satu sama lain. Setiap orang sadar tidak ada yang lepas dari kesalahan, Manusia tempatnya salah dan lupa. Idul Fitri dengan kegiatan Halal bi Halal ini membuat umat muslim untuk melebur kesalahannya dengan saling maaf memaafkan tanpa ada jarak yang membatasi antara kita sebagai makluk manusia yang sejajar dihadapan Allah SWT.

KH. Habib Sunarya dalam ceramahnya menyampaikan bahwa tradisi halal bihalal ini merupakan tradisi yang sangat baik dan perlu dilestarikan karena halal bihalal ini tradisi yang hanya ada di Negara kita tercinta ini. Dengan halal bihalal ini agar kesalahan-kesalahan atau kekilafan kita selama satu tahun di halalkan dan kita kembali ke fitri lagi. Jadi kita jangan malu meminta maaf duluan karena orang yang meminta maaf duluan belum tentu dia salah. Harus kita ingat juga bahwa memaafkan itu lebih mudah daripada kita minta maaf, oleh karena itu saya mengajak semua warga desa duwet untuk saling maaf memaafkan.

Serda Rudi Hartono selaku Babinsa mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini selain menjalin tali Silaturahmi dan saling maaf-memaafkan, kegiatan semacam ini juga dijadikan ajang untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan adanya acara seperti ini dapat menambah nilai nilai kerukunan, kebersamaan, dan menghindari sikap tertutup dengan rekan dan tetangga sehingga terbentuk saling peduli dan saling gotong-royong sesama warga desa duwet khususnya dan seluruh warga masyarakat pada umumnya.

"Kelihatannya sederhana, namun dibalik kesederhanaan ini para warga antar desa dapat saling mengenal satu sama lain dan mengetahui pentingnya bersilaturahmi dan kembali ke fitri. Harapan kedepan makin banyak lagi kegiatan seperti ini, bukan hanya dalam rangka untuk merayakan bulan Ramadhan saja, tetapi juga rutin untuk menjaga kebersamaan warga Desa". Imbuh Serda Rudi Hartono Babinsa Desa Duwet. (R13)

Posting Komentar

0 Komentar