Sabtu, 09 Juni 2018

Kodim 0801/Pacitan Turut Hadiri Sosialisasi Sinergitas 3 Pilar Kab. Pacitan

PACITAN -  Sosialisasi Tiga Pilar tentang paham radikalisme dengan tema Melalui Sinergitas 3 Pilar Kita Wujudkan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif dan Cegah Faham Radikal Menuju Pilkada Damai di Kab. Pacitan yang diselenggarakan oleh Polres Pacitan di Pendopo Pemkab Pacitan Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 8 Pacitan, Sabtu (09/06/2018)

Radikalisme adalah paham atau aliran yang radikal dalam politik, paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis demikian paparan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusalawitang (Dandim 0801 Pacitan) tentang radikalisme dan terorisme.


Letkol Kav Aristoteles lebih lanjut memaparkan bahwaTerorisme perbuatan yang menggunakan kekerasan yang menimbulkan suasana teror,atau rasa takut secara meluas, masal yang menimbulkan kerusakan terhadap obyek vital strategis.

Kaitannya dengan TNI sebagai alat Negara sesuai Pasal 431 UU Anti Terorisme, sebagai bagian dari Ops militer selain perang, Salah satu kekuatan yang kuat adalah aparat teritorial sebagai alat deteksi dini paham radikalisme dan terorisme yang ada di wilayah.

TNI sebagai penangkal setiap bentuk ancaman militer dan bersenjata dari luar maupun dari dalam negeri, Realitas radikalisme merupakan pergerakan dari kebudayaan serta Ketidakmampuan menerima realitas yang kemudian menempatkan keyakinan sebagai satu satunya realitas yang eksis karena terorisme adalah tindakan lanjutan dari radikalisme.

Indonesia terlahir dari keragaman suku budaya dan agama Kebangsaan realitas di Indonesia adalah keragaman, Pencegahan radikalisme dan terorisme adalah kesiapsiagaan wilayah,kontra radikalisasi dan Deradikalisasi.

Sementara itu AKBP Setyo K Heriyatno, SH, S.I.K, M.H (Kapolres Pacitan) dalam paparannya tentang kesiapan dalam menyongsong Pilgub 2018 bahwa Kesiapan Polres Pacitan dalam Pilgub Jatim 2018 sidah siap.

Pola pengamanan sudah kita bagi kekuatan keseluruhan 611 personel, untuk yang kita sebar di masing-masing TPS 353 personil. Situasi jaringan terorisme di wilayah Jatim bahwa bom yang berhasil di lumpuhkan sangat fantastis yaitu 92 bom pipa rakitan, 59 bom Muk

Bom yang digunakan TATP adalah bom yang digunakan oleh ISIS yang daya ledak yang tinggi, Banyak penceramah yang memberikan tausiyah terhadap pelaku teror sehingga banyak banyak oknum oknum masyarakat yang ikut aliranya itu yang harus kita waspadai.

Materi-materi dalam taklim pembahasan kitab ISIS Muqorroh Fi Tauhid antara lain Tauhid versi oman Abdurrahman, Pembatalan keislaman, Thogut Anshor Thogut, Kafir Demokrasi, Pemahaman Takfiri, Keistimewaan Ijhtihadiyah dan Mati syahid.

Harapan kita 3 pilar harus bener bener menyentuh dan harus masuk ke mushola musholla di wilayah binaan, Pencegahan dengan cara menghilangkan faktor faktor baik situasi dan kondisi yang berpotensi menimbulkan paham radikalisme, tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar