Selasa, 19 Juni 2018

Halal Bihalal Warga Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Setren Ranting Bendo


BENDO, Warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Setren setelah melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, kini tiba saatnya untuk merayakan kemenangan dengan berlebaran hari raya Idul Fitri 1439 H. Dalam suasana lebaran ada tradisi yang sangat baik bagi umat muslim yaitu acara Halal Bihalal dan ini  hanya ada di Indonesia. Untuk itu PSHT Rayon Setren malam ini mengadakan acara Halal bihalal bersama seluruh warga PSHT Rayon Setren Ranting Bendo. (Selasa, 19/06/18)


Halal Bihalal muncul sebagai ungkapan saling menghalalkan kesalahan dan kekhilafan, Saling memaafkan satu sama lain. Setiap orang sadar tidak ada yang lepas dari kesalahan, Manusia tempatnya salah dan lupa. Idul Fitri dengan kegiatan Halal bi Halal ini membuat umat muslim untuk melebur kesalahannya dengan saling maaf memaafkan tanpa ada jarak yang membatasi antara kita sebagai makluk manusia yang sejajar dihadapan Allah SWT.

Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Setren Bapak Bagus Susanto mengajak semua warga PSHT Rayon setren untuk tetap melestarikan tradisi Halal Bihalal ini, karena dengan tradisi ini kita bisa saling meminta maaf dan saling memaafkan atas kesalahan-kesalahan yang pernah kita perbuat baik disengaja maupun tidak. Tradisi ini juga untuk mempererat tali silahturahmi sesama warga PSHT khususnya Rayon setren sehingga tercipta kebersamaan dan kerukunan antar warga PSHT Rayon setren maupun dengan masyarakat desa setren pada umumnya.

"Ada tiga pelajaran yang bisa kita petik dari kegiatan Halal bihalal. Pelajaran pertama adalah pembersihan diri dari segala dosa dan kesalahan. Pelajaran kedua dari Halal bihalal adalah membersihkan hati dari rasa benci kepada sesama. Dalam momentum Halal bihalal ini tidak ada lagi kedengkian. Kita ganti dengan kelapangan jiwa, Kita obati kesombongan dengan kerendah-hatian. Kita buang permusuhan dan kita isi dengan persaudaraan. Pelajaran ketiga adalah memupuk kepedulian dan kebersamaan. Sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan orang lain. Jadi ini sekaligus silahturahmi dengan masyarakat agar babinsa lebih dekat lagi dengan warga PSHT maupun warga masyarakat desa setren" tutur Pelda Sukarno sebagai Babinsa Desa Setren.

Pelda Sukarno sebagai Babinsa Desa Setren merasa senang bisa hadir ditengah-tengah warga binaannya. Salah satunya malam ini ikut hadir dalam acara Halal bihalal bersama warga PSHT Rayon setren, ini merupakan suatu bentuk kepedulian dan rasa tanggungjawab sebagai babinsa yang selalu hadir dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di wilayah binaanya. Disamping itu juga ini merupakan momentum yang tepat agar warga PSHT Rayon setren lebih mengenal sosok Babinsanya, dengan harapan agar warga PSHT khususnya rayon setren ikut serta dalam menjaga kerukunan baik dengan warga PSHT itu sendiri maupun dengan perguruan lainnya. Sehingga tercipta situasi yang amam dan kondusif di wilayah Desa setren khususnya dan wilayah kecamatan bendo pada umumnya. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar