Minggu, 17 Juni 2018

Babinsa Kelurahan Bendo Halal Bi Halal Dengan Warga Binaan


BENDO, Setelah melaksanakan puasa sebulan penuh, gini tiba saatnya untuk merayakan kemenangan dengan berlebaran hari raya Idul Fitri. Pada lebaran bulan Syawal ada tradisi yang sangat baik bagi umat muslim di Indonesia yaitu dengan acara Halal Bihalal dan ini  hanya ada di negeri kita. Acara Halal bi halal yang dikemas dalam Silahturahmi dengan mengunjungi rumah warga binaannya itulah yang dilakukan Babinsa Kelurahan Bendo Pelda Sutoyo. (Minggu, 17/06/18)


   Halal bi halal muncul sebagai ungkapan saling menghalalkan kesalahan dan kekhilafan. Saling memaafkan satu sama lain. Setiap orang sadar tidak ada yang lepas dari kesalahan. Manusia tempatnya salah dan lupa. Idul Fitri dengan kegiatan Halal bi Halal ini membuat umat muslim untuk melebur kesalahannya dengan saling maaf memaafkan tanpa ada jarak yang membatasi antara kita sebagai makluk manusia yang sejajar dihadapan Alloh SWT.

   "Ada tiga pelajaran yang bisa kita petik dari kegiatan Halal Bi Halal. Pelajaran pertama adalah pembersihan diri dari segala dosa dan kesalahan. Pelajaran kedua dari Halal bi Halal adalah membersihkan hati dari rasa benci kepada sesama. Dalam momentum Halal bi Halal ini tidak ada lagi kedengkian. Kita ganti dengan kelapangan jiwa, Kita obati kesombongan dengan kerendah-hatian. Kita buang permusuhan dan kita isi dengan persaudaraan. Pelajaran ketiga adalah memupuk kepedulian dan kebersamaan. Sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan orang lain. Jadi ini sekaligus silahturahmi dengan masyarakat agar babinsa lebih dekat lagi dengan warganya" tutur Pelda Sutoyo sebagai Babinsa Kelurahan Bendo.

    Bapak Agus salah satu tokoh masyarakat kelurahan bendo yang dikunjungi Pelda Sutoyo mengaku sangat bersyukur dan gembira karena bapak babinsa telah sudi untuk datang ke gubuknya,  bersamaan dengan suasana lebaran ini. Jadi kita bisa saling maaf memaafkan apabila selama ini ada kesalahan baik di sengaja maupun tidak. Sekaligus untuk mempererat hubungan antara babinsa dengan warga seperti saya ini, agar kita tidak takut lagi untuk saling memberikan informasi kepada bapak babinsa apabila ada permasalahan atau kejadian di wilayahnya, Sehingga permasalahan yang timbul segera diatasi agar tidak meluas dan bahkan bisa menimbulkan kerugian  materiil maupun jiwa. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar