Selasa, 12 Juni 2018

Babinsa Bersama Takmir Masjid At Thoyyibah Desa Bulugledeg Bagikan Zakat Fitrah


BENDO, Babinsa desa bulugledeg serda sutrisno dan pengurus takmir masjid At Thoyyibah desa bulugledeg bersama-sama untuk membagikan beras zakat fitrah yang sudah dihimpun oleh takmir masjid untuk diberikan kepada warga yang kurang mampu (fakir miskin) yang ada di wilayah desa bulugledeg kecamatan bendo. (Rabu, 13/06/18)


    Masjid At Thoyyibah terletak di Rt 02/01 untuk tahun ini pembagian beras zakat fitrah sebanyak 121 paket dan akan diberikan seluruhnya kepada masyarakat yang kurang mampu yang ada diwilayah desa bulugledeg agar dapat membantu beban mereka agar bisa bersama-sama merayakan lebaran Idul Fitri.

     Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban semua umat muslim. Bahkan, zakat ini termasuk dalam rukun Islam sehingga tidak boleh seseorang yang mengaku Islam meninggalkan kewajiban membayar zakat fitrah ini. Setiap muslim yang sudah memenuhi syarat wajib zakat dan membayarkan zakat dengan beberapa ketentuan yang telah ditetapkan menurut syariat islam dengan tujuan untuk membersihkan dan mensucikan diri kita setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

    Dalam agama Islam, zakat tidak hanya berupa zakat fitrah saja, namun juga ada zakat mal. Perbedaannya terletak pada bentuk zakat yang dibayarkan dan waktu pembayarannya. Jika zakat fitrah, maka wajib dibayar oleh orang yang masuk ke dalam golongan wajib membayar zakat fitrah dan untuk orang yang berhak menerima zakat fitrah di bulan Ramadhan berupa berat 3.5 liter atau 2.7 kg beras atau makanan pokok lain yang berlaku di wilayah masing-masing. Sementara itu, zakat mal merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim terhadap harta mereka yang telah memenuhi nishab dan kurun waktu satu tahun. Harta yang harus dibayarkan untuk zakat mal ini bermacam-macam, bisa harta berupa uang, emas, hasil pertanian, hasil tambang dan lain-lain.

     Takmir Masjid At Thoyyibah Bapak Supriyanto, SH. Menyampaikan bahwa untuk tahun ini bisa membagikan 121 paket beras zakat fitrah kepada fakir miskin yang ada di desa bulugledeg dengan harapan pembagian zakat fitrah ini sesuai dengan sasaran dan bermanfaat serta dapat membantu beban kebutuhan orang-orang yang kurang mampu sehingga kita bersama-sama bisa merayakan hari raya Idul Fitri ini.

   Serda Sutrisno Babinsa Desa Bulugledeg menyampaikan dengan ikut serta Babinsa dalam pembagian beras zakat fitrah ini adalah untuk membatu petugas amil zakat dalam pendistribusian ke masyarakat yang kurang mampu (fakir miskin) sekaligus untuk silahturahmi ke warga binaan agar lebih mengenal dan lebih dekat lagi dengan warga masyarakat yang ada di desa bulugledeg sehingga terbentuk rasa dan ikatan yang kuat agar terjalin hubungan emosional yang baik antara Babinsa dan masyarakat sehingga  terwujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar