Kamis, 31 Mei 2018

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2018 Di Halaman Pendopo Kec. Bendo


BENDO, Dalam rangka peringatan hari lahir pancasila tahun 2018. Pemerintah Kecamatan Bendo mengadakan Upacara bertempat dihalaman pendopo kecamatan bendo. Peringatan hari lahir Pancasila ini sengaja digelar sebagai bentuk dan upaya dari pemerintah merawat serta menjaga ideologi bangsa yaitu Pancasila. (Jumat, 01/06/18)

Upacara peringatan hari lahir pancasila ini Camat Bendo Drs. Kun Ihwan Hidayat, MSi. bertindak sebagai Inspektur upacara. Serta
dihadiri oleh Danramil 0804/13 Bendo yang diwakili Pelda Sutoyo, Kapolsek Bendo yang diwakili Kanit Bimas Aiptu Maryanto, Kepala UPT Puskesmas Bendo dr. Hari Widodo dan anggota, Kepala KUA Bendo Ainurrofiq dan anggota, SAg. Seluruh perangkat desa sekecamatan Bendo.

Dalam peringatan hari lahir Pancasila ini sebagai renungan apakah saat ini Pancasila hanya masih sebagai jargon atau simbol semata. Seharusnya, Pancasila hadir di tengah masyarakat menjadi daya dorong, daya gerak, dan inspirasi untuk hadirnya cultural citizenship dan public goods, sehingga menjadi milik semua warga negara, bukan hanya satu golongan saja. Pancasila merupakan pemersatu bangsa dan negara. 

Sambutan Bapak Presiden dalam peringatan hari lahir pancasila yang dibacakan Camat Bendo selaku Inspektur upacara yang intinya Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945. Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggungjawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar