Selasa, 15 Mei 2018

Launching Juru Pemantau Jentik Keluarga ( Jumantika ) Sebagai Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Berbasis Masyarakat 1 Rumah 1 Jumantika.


Parang - Koramil 0804/04 Parang Kodim 0804 Magetan Danramil Kptn Inf Gunawan menghadiri launching juru pemantau jentik keluarga (JUMANTIKA) sebagai pencegahan penyakit demam berdarah berbasis masyarakat 1rumah 1 jumantika di Aula pertemuan Desa Tamanarum  Kec.Parang Kab Magetan.15/05/2018.


 
Bpk Hari Suyanto SH Msi Sebagai Asisten Pemerintah dan Kesehatan Rakyat Kab Magetakan  mengatakan pada masalah juru pemantau jentik ( jumantik) yang pada hari ini tgl 15 Mei diadakan laucing pembentukan kader jumantik sehingga setelah diadakan laucing ini akan terbebtuk kader-kader jumantik,sehingga pada nantinya masyarakat di Desa Tamanarum ini pada khususnya dan masyarakat Kec.Parang pada umumnya akan terbebas dari penyakit Demam Berdarah.

Karena Jumantik sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru di dunia pencegahan demam berdarah dengue. Jumantik singkatan dari Juru Pemantau Jentik, yaitu merupakan anggota masyarakat yang secara sukarela memantau keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di lingkungannya, melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk atau PSN secara rutin, serta meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan masyarakat menghadapi demam berdarah dengue (DBD). Pada tahun-tahun sebelumnya, gerakan jumantik memang sudah diterapkan oleh pemerintah. Penerapan jumantik ini awalnya dilakukan dengan menunjuk sebanyak dua atau tiga orang anggota masyarakat yang berasal dari lingkungan sekitar untuk memantau perkembangan jentik nyamuk di satu kabupaten. Orang yang ditunjuk ini kemudian disebut sebagai kader jumantik. Biasanya mereka diberikan pelatihan terlebih dahulu oleh petugas kesehatan setempat.

Kepala Puskesmas parang Dr Avinie Febriana mengucapkan banyak-banyak trimakasih kepada forkopimca serta bpk kepala Desa se kecamatan parang yang telah mendukung dan bekerjasama selama ini sehingga kegiatan launching JUMANTIKA ini bisa berjalan dengan lancar.( R 04 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar